• News

  • Ekonomi Makro

Menkeu: Peningkatan Urbanisasi Dunia Jadi Tantangan Buat Pemerintah

Menkeu Sri Mulyani Indrawati
Istimewa
Menkeu Sri Mulyani Indrawati

JAKARTA, NNC - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan jumlah urbanisasi meningkat pesat. Apalagi presentase di dunia capai 54 persen yang tinggal di perkotaan.

Menurutnya, angka itu jauh meningkat pada era 90an, hal inilah yang menjadi tantangan bagi banyak negara pada 2050 mendatang dengan perkiraan 75 persen masyarakat dunia periode itu tinggal di perkotaan. 

"Angka ini lebih besar dari 1990-an yang mana, hanya 15 persen dari populasi dunia di daerah perkotaan. Tidak ada satu negara manapun di dunia ini yang tidak mencapai penghasilan menengah tanpa masyarakat signifikan berpindah ke perkotaan," ujar Sri Mulyani di Jakarta, Selasa (19/12/2017).

Sri Mulyani menambahkan urbanisasi identik dari perubahan pendapatan rendah ke menengah dan memang diperlukan untuk menjaga pertumbuhan ekonomi di negara berkembang. 

"Jadi, urbanisasi menguntungkan seperti penurunan pengangguran, kenaikan pendidikan," terang dia.

Ani sapaan akrabnya menuturkan tantangan utamanya adalah bagaimana membuat proses urbanisasi menjadi efisien, inklusif dan berkelanjutan. 

"Bagaimana membuat sumber daya yang produktif yaitu manusia, tanah dan modal. Ini merujuk bagaimana membuat kualitas hidup perkotaan sesuai harapan penduduk," pungkasnya.

Reporter : Pramirvan Datu Aprilatu
Editor : Firman Qusnulyakin