• News

  • Ekonomi Makro

Ini Strategi Bupati Banyuwangi agar Penduduk Tidak Migrasi ke Kota

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas
Istimewa
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas

JAKARTA, NNC - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, salah satu cara agar penduduk tidak cepat-cepat migrasi ke kota adalah dengan mengambil kebijakan yang pas agar daerah menjadi tempat yang nyaman.

Kebijakan itu antara lain dengan mempunyai program pembangunan prioritas seperti pariwisata, membangun konektivitas daerah serta menjaga daya beli masyarakat.

"Banyuwangi saat ini merupakan kabupaten dengan biaya hidup paling murah di Indonesia, karena kami efisien. Daripada gaji tinggi, inflasi tinggi, daya beli rendah, lebih baik gaji tidak tinggi, tapi daya beli cukup karena biaya hidup rendah," ujar Azwar Anas dalam acara Seminar "Managing Urbanization for Sustainable Cities" di Jakarta, Selasa (19/12/2017).

Banyuwangi juga sering mengadakan kegiatan nasional yang tidak mengandalkan APBD seperti balap sepeda "Tour De Ijen" dengan mengandalkan peran serta masyarakat yang besar.

"Modalnya bukan hanya uang, tapi modal sosial, gotong royong, rakyat ditumbuhkan supaya mereka bisa berpartisipasi tinggi. Kalau pembangunan berbasis rakyat dan partisipasinya tinggi, rakyat akan terlibat, bahagia dan akan menekan angka migrasi ke kota," kata Bakal Calon Wakil Gubernur Jawa Timur ini.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan peran pemerintah daerah sangat penting untuk mengelola urbanisasi agar migrasi penduduk ke kota bisa memberikan manfaat kepada perekonomian secara berkesinambungan.

"Pemerintah daerah punya peran penting untuk melaksanakan tata kelola dan membangun daerah pinggiran," ujar Sri Mulyani.

Reporter : Pramirvan Datu Aprilatu
Editor : Firman Qusnulyakin