• News

  • Ekonomi Makro

Danis: Jalan Nasional Siap Dilalui Pemudik

Ilustrasi Jalan Tol (tobasatu.com)
Ilustrasi Jalan Tol (tobasatu.com)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Staf Ahli Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bidang Keterpaduan Pembangunan, Danis H Sumadilaga  menyampaikan bahwa secara umum jalan nasional siap untuk dilalui pemudik.

Bahkan dalam menghadapi arus mudik lebaran 2016, sejak sebelum Ramadhan, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono telah menginstruksikan kepada seluruh pejabat eselon 1 dan 2 untuk melakukan survei terhadap jalur mudik yang sering dilalui pemudik.

Hasil inspeksi menunjukkan bahwa total jalan dan jembatan di jalur mudik sepanjang 18.317.7 kilometer di seluruh daerah, pada umumnya dalam kondisi mantap dan siap dilalui. 

Angka tersebut terdiri dari 7.961 kilometer jalan dan 42,70 kilometer jalan tol di Sumatera, 7.164 kilometer dan 668 kilometer jalan tol di Jawa-Bali, dan 2.482 kilometer di Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan.

Kemudian untuk Jembatan Sipait di Pekalongan yang mengalami pergantian struktur jembatan, saat ini juga sudah dapat dilalui pemudik.

Hal lain yang menjadi perhatian di jalur mudik kali ini adalah terjadinya banjir rob di Semarang Jawa Tengah, tepatnya di Kaligawe.

Prioritas penanganan rob di Semarang adalah pembuatan tanggul di mulut sungai. Lalu menyiagakan 17 pompa portable Kementerian PUPR yang diletakkan di beberapa titik dan ada juga 14 pompa kecil yang disewa Pemkot Semarang untuk menyedot air di perkampungan sekitarnya.

“Di Kaligawe disiapkan petugas dan pompa, karena jika banjir rob-nya tinggi, itu bisa mengganggu pemudik yang mengarah ke Demak,” ujar Danis dalam keterangannya, Senin (4/7/2016).

Sebelumnya, untuk mengurai kemacetan panjang saat mudik Lebaran, pemerintah membuka beberapa ruas jalan tol yang layak dilalui, hanya saja belum dibuka secara resmi.

 

Editor : Firman Qusnulyakin