• News

  • Ekonomi Makro

Intiland Bagi Dividen Rp20,7 Miliar, Distribusi ke Pemegang Saham Pada 14 Juni

Intiland Tower.
Intiland Development
Intiland Tower.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pemegang saham PT Intiland Development Tbk (DILD) setuju atas usulan manajemen perseroan untuk melakukan distribusi sebagian laba bersih tahun buku 2018 sebagai dividen. Demikian salah satu keputusan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) perseroan yang digelar di Jakarta, Rabu (15/6/2019).

Direktur Pengelolaan Modal dan Investasi Intiland, Archied Noto Pradono menjelaskan, total laba laba bersih yang dicetak perseroan di sepanjang tahun 2018 mencapai Rp203,7 miliar.

"Sebesar Rp20,7 miliar dari laba bersih tersebut dialokasikan untuk dividen, atau senilai Rp2 per saham," kata Archied dalam paparan publik usai RUPS Tahunan perseroan.

Artinya, kata Archied, total dividen yang dibagikan kepada pemegang saham tersebut setara dengan 10,2 persen dari perolehan laba bersih perseroan tahun lalu. "Dividen paling lambat akan dibayarkan pada 14 Juni 2019 ," imbuhnya.

Adapun, bagian laba bersih sebesar Rp180,9 miliar akan dialokasikan untuk laba ditahan, dan sebesar Rp2 miliar sebagai untuk keperluan cadangan wajib.

Untuk diketahui, sepanjang tahun, Intiland membukukan pendapatan usaha sebesar Rp2,6 triliun, meningkat 16 persen dibanding tahun sebelumnya sebesar Rp2,2 triliun.

Sementara, laba usaha dan laba bersih perseoran tercatat sebesar Rp327 miliar dan Rp203 miliar atau masing-masing mengalami penurunan sebesar 5,2 persen dan 31,6 persen.

"Penurunan kinerja profitabilitas terutama disebabkan oleh menurunnya margin laba kotor dan tingginya beban bunga," jelasnya.

Hingga akhir kuartal I 2019, emiten Bursa Efek Indonesia dengan kode perdagangan DILD ini membukukan pendapatan usaha Rp887,6 miliar, naik 25 persen dibanding Rp709,2 miliar pada periode sama tahun lalu. Sedangkan, laba bersihnya tercatat sebesar Rp48 miliar.

Editor : Irawan.H.P

Apa Reaksi Anda?