• News

  • Ekonomi Makro

BIPI Gelar Uji Kelayakan Sembilan Proyek Infrastruktur Energi Senilai US$2,5 Miliar

Pelabuhan batubara West Mulia, salah satu aset infrastruktur energi milik anak usaha astrindo Nusantara.
Astrindo Nusantara
Pelabuhan batubara West Mulia, salah satu aset infrastruktur energi milik anak usaha astrindo Nusantara.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - PT Astrindo Nusantara Infrastruktur Tbk (BIPI) tengah melakukan uji kelayakan atau feasibility study untuk sembilan proyek infrastruktur energi. Proyek-proyek tersebut saat ini masih dalam tahap pengembangan dan butuh investasi sekitar US$2,5 miliar.

Manajemen emiten Bursa Efek Indonesia dengan kode perdagangan BIPI itu menyebut akan ada potensi tambahan pendapatan sebesar US$400 juta per tahun bila proyek-proyek tersebut berjalan penuh.

“Satu dari sembilan proyek sudah akan jalan di kuartal II 2019,” kata Direktur Keuangan BIPI, Michael Wong di Jakarta, baru-baru ini.

Dijelaskannya, sebanyak 9 proyek infrastruktur bidang energi tersebut memiliki durasi kontrak hingga 20 tahun. Sedangkan, untuk mendanai pengembangan proyek, perseroan akan memperolehnya sebagian dari aksi right issue.

Dalam rencana aksi korporasi tersebut, perseroan akan melepas saham baru sebanyak-banyaknya 7 miliar unit bersama dengan sebanyak 14 miliar waran. “Kami harap dapat memperoleh pernyataan efektif dari OJK pada akhir Juni 2019,” tutur Kevin.

Selain itu, diungkapkan Kevin pihaknya telah memperoleh investor strategis yang berkomitmen untuk menjadi pembeli siaga pada rencana penerbitan saham baru tersebut. “Sekaran belum bisa diungkapkan siapa, nanti jika sudah dapat ijin OJK akan kami umumkan,” tambahnya.

Perseroan juga menyatakan masih membuka kemungkinan untuk menjalin kemitraan dengan investor yang berminat dalam pengembangan proyek infrastruktur energi. “Investornya bisa dari luar dan dalam negeri,” ujar Kevin.

Sebagai informasi, Astrindo Nusantara memiliki 3 entitas usaha dan 1 unit bisnis yang berfungsi untuk mendukung pertumbuhan kinerja secara berkelanjutan.

Perseroan berkomitmen untuk memperluas bidang usaha dengan melakukan diversifikasi produk dan jasa yang terintegrasi di bidang sumber daya energi.

Editor : Irawan.H.P

Apa Reaksi Anda?