• News

  • Ekonomi Makro

Survei BI, Pertumbuhan Penjualan Eceran Meningkat di Juli 2019

Ilustrasi Bank Indonesia
dok.perbanas
Ilustrasi Bank Indonesia

JAKARTA, NETRALNEWS.COM -- Penjualan eceran pada Juli 2019 terindikasi mengalami peningkatan. Hasil Survei Penjualan Eceran Bank Indonesia menunjukkan Indeks Penjualan Riil (IPR) tumbuh 2,4% (yoy), meningkat dari IPR pada bulan sebelumnya yang menurun -1,8% (yoy).

"Peningkatan tersebut terutama didorong oleh penjualan eceran kelompok Suku Cadang dan Aksesori, dan kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau," ungkap BI dalam keterangan resminya, Selasa (10/9/2019).

BI memprakirakan penjualan eceran diprakirakan tumbuh meningkat pada Agustus 2019, dengan prakiraan pertumbuhan IPR sebesar 3,7% (yoy), ditopang oleh peningkatan penjualan kelompok Suku Cadang dan Aksesori. "Meskipun tidak setinggi periode yang sama tahun lalu," imbuh BI.

Penjualan kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau dan kelompok Peralatan Informasi dan Komunikasi juga membaik, sejalan dengan faktor musiman berupa maraknya promosi dan diskon penjualan menyambut perayaan Hari Raya Kemerdekaan.

"Dari sisi harga, hasil survei BI mengindikasikan adanya tekanan kenaikan harga di tingkat pedagang eceran dalam tiga bulan (Oktober 2019) dan enam bulan mendatang (Januari 2020)," tulis BI.

Hal ini tercermin dari Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) 3 bulan sebesar 137,1, lebih tinggi dari 131,4 pada bulan sebelumnya. Sedangkan IEH 6 bulan yang akan datang terindikasi sebesar 174,7, lebih tinggi dibandingkan Juli lalu sebesar 163,1.

"Responden memprakirakan, penjualan pada 3 bulan mendatang akan meningkat sementara pada 6 bulan mendatang akan menurun," BI menyebutkan.

Indeks Ekspektasi Penjualan (IEP) yang akan datang sebesar 146,3, lebih tinggi dari 138,0 pada bulan sebelumnya. Sedangkan IEP 6 bulan sebesar 161,1, lebih rendah dari 162,5 pada bulan sebelumnya.

Reporter : PD Djuarno
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya