• News

  • Ekonomi Makro

BCA Serahkan Beasiswa Mahasiswa Berprestasi di IPB

BCA serahkan beasiswa ke mahasiswa IPB Berprestasi dalam kegiatan BAkti BCA
Dok: BCA
BCA serahkan beasiswa ke mahasiswa IPB Berprestasi dalam kegiatan BAkti BCA

BOGOR, NETRALNEWS.COM – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) terus memberikan dukungannya terhadap pengembangan pendidikan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia di Indonesia. 

Tahun ini, BCA kembali menyerahkan beasiswa kepada 18 Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia dengan nilai total Rp 5,35 Miliar kepada 703 mahasiswa. Institut Pertanian Bogor menjadi salah satu perguruan tinggi penerima beasiswa Bakti BCA.

 Kepala Kantor Wilayah IX  BCA Djoko Rosmiatun Mijaata secara simbolis menyerahkan Beasiswa Bakti BCA senilai Rp250 juta kepada perwakilan mahasiswa Institut Pertanian Bogor disaksikan oleh Kepala Sub Direktorat Pembinaan Karakter, Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan IPB Beginer Subhan di Bogor.

Djoko mengatakan, pendidikan merupakan kunci kemajuan suatu bangsa. Sebagai institusi perbankan yang dekat dengan nasabah, BCA kian berkomitmen untuk mendukung pengembangan pendidikan dan peningkatan sumber daya manusia di Indonesia melalui program Beasiswa Bakti BCA

“Di tengah persaingan global saat ini, penting untuk memperhatikan kualitas pendidikan anak-anak Indonesia yang di masa depan akan memegang peranan penting di berbagai sektor,” tambah Djoko.

Beasiswa Bakti BCA dikembangkan sejak tahun 1999 dan ditujukan bagi mahasiswa Strata Satu (S1) yang berprestasi namun memiliki kendala finansial. Diharapkan beasiswa yang diterima para mahasiswa, termasuk mahasiswa Institut Pertanian Bogor ini dapat meningkatkan motivasi belajar dan membantu mereka menyelesaikan pendidikan.

Dukungan yang diberikan tidak hanya berhenti pada dukungan materiil, melainkan BCA juga secara aktif  melengkapi mahasiwa dengan kemampuan soft skill yang dibutuhkan saat menempuh jenjang perguruan tinggi dan persiapan memasuki kerja. 

“Kepedulian BCA terhadap dunia pendidikan tidak hanya berhenti saat memberikan dana beasiswa saja. BCA juga berkomitmen untuk memberikan, menambah, dan meningkatkan pengetahuan soft skill serta memperluas wawasan melalui kegiatan seminar, pelatihan, dan mentoring, agar para penerima beasiswa Bakti BCA akan lebih siap dalam menghadapi dunia kerja setelah lulus nanti. Hal ini kami lakukan mengingat pentingnya pendampingan jelang anak muda yang akan mulai bergulat di dunia kerja,” tutup Djoko.

Beasiswa Bakti BCA sudah memasuki tahun ke-20 dan terus mengevaluasi dana yang diberikan serta jumlah penerimanya. Terhitung sejak tahun 2019, BCA menambahkan jumlah perguruan tinggi negeri penerima beasiswa dari 16 menjadi 18 perguruan tinggi negeri. 

Sementara jumlah dana yang dialokasikan juga meningkat setiap tahunnya, sejak tahun 2014/2016 hanya Rp3,8 miliar untuk 481 mahasiswa menjadi Rp5,35 miliar pada 2019/2020 dengan peneriman manfaat sebagai 703 mahasiswa.

“Pendidikan yang sudah merata di Indonesia saat ini butuh didukung dengan kualitas yang mumpuni sehingga generasi penerus bangsa mampu bersaing secara global. Apalagi di zaman sekarang yang harus cepat beradaptasi terhadap perubahan sekaligus menghadapi persaingan yang begitu ketat. Kami berharap Beasiswa Bakti BCA dapat turut mendukung upaya kita bersama untuk meningkatkan daya saing serta kualitas sumber daya manusia Indonesia,” tambah Djoko.

 

Reporter : PD Djuarno
Editor : Firman Qusnulyakin