• News

  • Ekonomi Makro

Rp99,86 Miliar Uang Lusuh Papua Barat Dimusnahkan

Ilustrasi uang lusuh (valora.co.id)
Ilustrasi uang lusuh (valora.co.id)

MANOKWARI, NETRALNEWS.COM - Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Papua Barat telah memusnahkan Rp99,86 miliar uang lusuh yang tidak layak edar.

"Ini hasil penukaran dari Januari hingga Juli 2016. Data bulan Agustus belum masuk," kata Deputi Kepala BI Perwakilan Papua Barat Agus Hartanto di Manokwari, Jumat (2/9/2016).

Dia mengatakan, BI terus melayani penukaran uang lusuh. Penukaran uang lusuh sudah dibuka di setiap kabupaten/kota Papua Barat melalui loket yang disiapkan.

Dia mengutarakan, antusiasme masyarakat menukar uang lusuh cukup tinggi. Peningkatan terus terjadi pada tahun 2015 dan 2016.

"Selama tahun 2015 penukaran uang baru di Papua Barat baru mencapai Rp.7,4 miliar. Tahun ini meningkat, dan sejak awal tahun hingga minggu ketiga Agustus sudah Rp. 9,6 miliar," kata dia.

Pihaknya terus menekan peredaran uang lusuh dikalangan masyarakat. Di wilayah kota Manokwari BI membuka loket penukaran di halaman parkir Hadi Mall dan Pasar Sanggeng.

Satu loket penukaran akan dibuka di pasar Wosi. Bagi kabupaten lain seperti Pegunungan Arfak, Tambrauw, Teluk Wondama dan beberapa kabupaten lain, BI tahun ini akan meningkatkan intensitas layanan penukaran minimal dua hingga tiga kali.

Dia menambahkan, pemusnahan selama ini masih dilakukan di kantor BI perwakilan Provinsi Papua, sebab, BI Papua Barat belum memiliki alat.

"Kantor kami disini kecil, tidak cukup untuk alat peracik. Saat ini masih menyewa, namun tahun depan gedung kantor baru dibangun, setelah kantor berdiri kami akan datangkan mesin peracik sendiri," kata dia seraya menambahkan, pemusnahan uang lusuh dilakukan sebulan sekali.

Editor : Sesmawati
Sumber : Antara