• News

  • Ekonomi Makro

Pemerintah Sediakan KUR untuk UMKM Orientasi Ekspor

Menko Perekonomian Darmin Nasution (timesindonesia.co.id)
Menko Perekonomian Darmin Nasution (timesindonesia.co.id)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pemerintah merilis Paket Kebijakan Ekonomi Jilid XI yang diumumkan, Selasa (29/3/2016). Salah satu kebijakannya dalam paket ekonomi ini adalah pemberian kredit.

Pemerintah sediakan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berorientasi ekspor dengan bunga hanya 9 persen per tahun.

Menko Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, kredit ini sediakan fasilitas pembiayaan ekspor yang terpadu bagi UMKM.

"Yang khusus mengenai ini, UMKM kan susah ekspor sendiri. Biasanya dia menjual ke perusahaan yang lebih besar untuk dieksporkan. Kalau dia sudah bisa mengeksporkan diri, maka dia sudah bisa mendapatkan KUR orientasi ekspor ini," kata Darmin di Istana Negara, di Jakarta, Selasa (29/3/2016).

Syarat perusahaan untuk bisa mengambil KUR ini adalah berorientasi ekspor atau bekerja sama dengan perusahaan yang melakukan ekspor.

"Apabila dia tanda tangan kerja sama dengan perusahaan lebih besar untuk nanti perusahaan pengekspor, maka UMKM ini bisa mendapatkan KUR. Jadi dia bisa ekspor sendiri atau menjual ke perusahaan lebih besar. Kita tidak akan meminta pembuktian ekspornya, sepanjang perusahaan besar itu orientasi ekspor," jelasnya.

Editor : Firman Qusnulyakin