• News

  • Ekonomi Makro

Menhub Buka Peluang Kepada Swasta Manapun Garap Kereta Cepat Jakarta-Surabaya

Menhub Budi Karya Sumadi (bantenterkini.com)
Menhub Budi Karya Sumadi (bantenterkini.com)

JAKARTA NETRALNEWS.COM - Menteri Perhubungan ( Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan pada dasarnya Pemerintah membuka kesempatan pada swasta buat untuk menggarap proyek transportasi.

Tak terkecuali, proyek kereta semi cepat rute Jakarta-Surabaya.

"Bukan kereta cepat itu (Jakarta-Surabaya). Itu kereta medium high speed," katanya di Jakarta, Senin (10/10/2016).

Dia menuturkan, proyek infrastruktur terbaru pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla (Jokowi-JK) ini sejatinya tidak sama dengan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung terdahulu.

Kecepatan kereta ini nantinya hanya berukuran medium (medium high speed), sementara proyek sebelumnya adalah high speed train.

Nantinya jalur kereta yang ada di sepanjang perlintasan Jakarta-Surabaya akan diperbaiki. Melalui proyek ini, pihaknya akan hilangkan lintasan kereta sebidang yang ada di sepanjang perlintasan Jakarta-Surabaya.

"Jalur yang ada mungkin keretanya diperbaiki dan lintasan kita hilangkan lintasan sebidang. Karena dari Jakarta ke Surabaya ada 1.000 lintasan sebidang," imbuh dia.

Budi menambahkan pembangunan infrastruktur seperti kereta semi cepat ini tidak bisa mengandalkan anggaran pemerintah dalam APBN.

"‎Intinya kita memberikan kesmpatan karena dana terbatas, swasta asing untuk melakukan kegiatan dengan sesuatu cara governance. Tapi ini semua kita berikan kesempatan untuk memberikan proposal sehingga Surabaya bisa dicapai 6 jam. Mungkin saja. Ini baru tawaran nanti kita lihat," tuturnya.

Seperti diketahui, dalam lawatan Ke Jepang, Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan kemarin baru saja menawarkan Jepang untuk menggarap proyek tersebut.

Reporter : Pramirvan Datu Aprilatu
Editor : Firman Qusnulyakin