• News

  • Ekonomi Makro

ISMI Bertekad Merekrut Ribuan Pengusaha UMKM

Pengukuhan ISMI DKI Jakarta (Adiel Manafe)
Pengukuhan ISMI DKI Jakarta (Adiel Manafe)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ikatan Saudagar Muslim se - Indonesia (ISMI) bertekad akan merekrut ribuan pengusaha yang bergerak di bidang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah ( UMKM).

Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum ISMI Provinsi DKI Jakarta, Herman Prastowo, dalam acara "Pengukuhan Majelis Pengurus Wilayah Ikatan Saudagar Muslim se-Indonesia, Provinsi DKI Jakarta Periode 2015 - 2020."

"Segenap jajaran pengurus bertekad akan merekrut ribuan pengusaha UMKM di seluruh wilayah DKI Jakarta agar menjadi anggota ISMI," kata Herman di PGC Cililitan, Jakarta, Sabtu (9/4/2016).

Selain merekrut anggota UMKM, menurut Herman, nantinya, seluruh pelaku usaha UMKM yang menjadi anggota ISMI akan di dorong supaya memperoleh sertifikat halal dan atau sertifikat Syariah, sesuai dengan jenis usaha yang mereka jalankan.

"Dengan langkah strategis ini, maka ISMI dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan pendapatan perbankan syariah," ujarnya.

Herman menambahkan, "Dengan jumlah nilai transaksi UMKM yang mencapai triliunan rupiah per tahun, bisa dibayangkan dasyatnya potensi kontribusi ISMI untuk pertumbuhan transaksi keuangan dan perbankan syariah skala nasional."

Sementara itu, H. Djamil Hasyim, selaku Sekretaris Umum ISMI DKI Jakarta menambahkan, saat ini jumlah pebisnis UMKM yang berada di DKI lebih dari 930.620 pengusaha, dan jumlah ini terus bertambah. Namun, baru sedikit yang berstatus UMKM dengan sertifikat halal.

"Dari jumlah sebesar itu, ternyata kecil sekali jumlah yang sudah berstatus UMKM dengan sertifikat halal," pungkasnya.

Acara yang dimeriahkan dengan diskusi publik bertema " Peran Strategis UKM Syariah Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)," dihadiri Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, Sandiago Uno, pengusaha nasional sekaligus bakal calon gubernur DKI Jakarta, dan Aji Dedi Mulawarman, Ketua Dewan Pimpinan Nasional Forum Dosen Ekonomi dan Bisnis Islam.

Penulis : Adiel Manafe
Editor : Firman Qusnulyakin