• News

  • Ekonomi Makro

Tidak Hadiri HKN, YLKI: Jokowi Tidak Peduli Perlindungan Hak Konsumen

Ketua YLKI Tulus Abadi
Ketua YLKI Tulus Abadi

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Tanggal 20 April diperingati sebagai Hari Konsumen Nasional (HKN), dan puncak Perayaan baru dilaksanakan hari ini, Selasa (26/4/2016), karena menunggu kehadiran Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), setelah lakukan lawatan ke Eropa.

Namun, tanpa alasan, Presiden Jokowi tidak menghadiri acara yang dilaksanakan di Lapangan Banteng Jakarta Pusat tersebut. Karenanya, protes pun dilontarkan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), selaku pelaksana acara HKN.

"Semula Presiden menyatakan kehadirannya, sampai last minute. Tapi tanpa alasan yang jelas Presiden membatalkan kehadirannya," ujar  Tulus Abadi, Ketua Pengurus Harian YLKI di Jakarta, Selasa (26/4/2016).

"Padahal tanggal 26 April dipilih karena menunggu kehadiran Presiden dari lawatannya ke Eropa. Karena seharusnya puncak peringatan Hari Konsumen Nasional adalah pada tanggal 20 April 2016," tambahnya. 

Tulus menyatakan, dengan ketidakhadiran Jokowi, menunjukan bahwa selaku presiden, dia tidak peduli terhadap perlindungan hak konsumen di Indonesia.

"Ini menujukkan Presiden tidak mempunyai concern dengan perlindungan dan hak-hak 235 juta konsumen di Indonesia. Seharusnya jika tidak bisa hadir secara fisik, kan bisa melakukan video conference," tegas Tulus.

Sebagai informasi, dalam undangan dan agenda resmi Presiden memang ada jadwal menghadiri puncak peringatan Hari Konsumen Nasional. Namun tiba-tiba dibatalkan. Sejauh ini, belum ada penjelasan lebih jelas dari pihak Istana.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Firman Qusnulyakin