• News

  • Ekonomi Makro

April, Pemerintah Mulai Distribusi 9,1 Juta Ha Lahan ke Petani

Ilustrasi Petani (Citra Indonesia)
Ilustrasi Petani (Citra Indonesia)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pada April 2017, Pemerintah bakal memulai distribusikan lahan kepada petani. Luas lahan yang disiapkan capai 9,1 juta hektar.

"Pelaksanaannya akan dipimpin langsung oleh Presiden," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Noor Marzuki, Kamis (30/3/2017) malam.

Jutaan hektar lahan tersebut tersebar di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Lahan tersebut bisa digunakan untuk pertanian, perkebunan, dan pemukiman.

"Dari lahan seluas sekitar 9,1 juta hektare, saat ini baru sekitar 4,5 juta hektare yang mulai diproses untuk program reforma agraria," katanya.

"Badan Pertanahan Nasional sedang memproses perizinan lahan seluas 400 ribu hektar dan 800 ribu hektar untuk lahan pertanian."

Selain itu, pemerintah juga sedang memproses izin lahan seluas sekitar 600 ribu hektare untuk program transmigrasi. Setiap keluarga transmigran bakal mendapat jatah dua hektar lahan.

"Keluarga transmigran ini tidak dapat dilepas begitu saja, tapi perlu pendampingan dalam pemanfaatan lahan agar sesuai dengan peruntukan," katanya.

Ketua Komisi II DPR-RI Zainuddin Amali yakin redistribusi aset dan reforma agraria dapat berjalan baik.

"Program redistribusi aset dan reforma agraria ini dalam impelementasinya akan melibatkan seluruh kementerian terkait," kata Politikus Partai Golkar ini.

"DPR akan membentuk tim pengawas untuk mengawasi jalannya program,"

Reporter : Pramirvan Datu Aprilatu
Editor : Firman Qusnulyakin