• News

  • Ekonomi Makro

Kemen-PUPR Minta Dukungan Perbankan Sukseskan Program Sejuta Rumah

Ilustrasi Perumahan (housing.estate)
Ilustrasi Perumahan (housing.estate)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( Kemen-PUPR), Syarif  Burhanuddin mengatakan perlunya dukungan perbankan agar Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dapat miliki rumah yang layak huni, sekaligus mensukseskan Program Sejuta Rumah.

Program Sejuta Rumah dan kepemilikan rumah bagi MBR butuhkan dukungan perbankan. Dukungan itu berupa kemudahan bagi MBR memperoleh fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

“Dalam program sejuta rumah ini kami tidak hanya berharap dari para pengembang yang membangun rumah bersubsidi tapi juga pada perbankan sehingga mempermudah masyarakat untuk memiliki rumah dengan KPR,” ujar Syarif  Burhanuddin, melalui siaran pers yang diterima Netralnews.com, Senin (7/3/2016).

Menurut Syarif, Kemen-PUPR miliki skema KPR Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) bekerjasama dengan beberapa bank nasional dan bank pembangunan daerah (BPD).

“KPR FLPP ini harus kita sosialisasikan bersama-sama agar masyarakat bisa memiliki rumah dengan berbagai kemudahan yang ada dari pemerintah, apalagi dalam penyalurannya, BPD ikut dilibatkan,”ujarnya.

Seperti diketahui, sejak dicanangkan Presiden Joko Widodo pada April 2015 lalu, Program Sejuta Rumah menjadi salah satu program unggulan Kementerian PUPR untuk memberikan rumah kepada masyarakat Indonesia.

Target pembangunan satu juta rumah per tahun juga dinilai cukup wajar mengingat backlog perumahan terus meningkat setiap tahun

Reporter : Very Herdiman
Editor : Firman Qusnulyakin