• News

  • Ekonomi Makro

2016, Kemen-PUPR Targetkan 700 Ribu Rumah untuk MBR

Ilustrasi Perumahan (housing.estate)
Ilustrasi Perumahan (housing.estate)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( Kemen-PUPR) menargetkan pembangunan satu juta rumah pada 2016. Dari jumlah tersebut, PUPR mengalokasikan 700 ribu rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

“Di 2016 ini dari satu juta rumah yang ditargetkan, sekitar 700.000 rumah itu untuk MBR, sehingga jika perbankan bisa menyalurkan KPR FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan) tentunya masyarakat bisa memiliki rumah dengan harga yang ditetapkan oleh pemerintah dan angsuran yang ringan selama masa kreditnya,” ujar Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kemen-PUPR, Syarif  Burhanuddin, di Jakarta, Senin (7/3/2016).

Syarif mengatakan, penyaluran KPR FLPP yang dilakukan Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kemen-PUPR dilakukan melalui kerja sama dengan 10 bank nasional dan 15 Bank Pembangunan Daerah (BPD).

Masyarakat bisa mengakses KPR FLPP ini dari berbagai bank dengan persyaratan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Dia mengatakan, ada 10 bank nasional yang menjadi bank pelaksana KPR FLPP ini antara lain Bank BTN, BTN Syariah, BRI, BRI Syariah, Artha Graha, Mandiri, Mandiri Syariah, BNI, Bukopin dan Bank Mayora.

Sedangkan 15 BPD yang menjalin kerja sama antara lain BPD Jawa Tengah, BPD Jawa Timur, BPD Jawa Timur Syariah, BPD Sumatera Utara, BPD Sumatera Utara Syariah, BPD Nagari, BPD Riau Kepri.

Selain itu ada juga BPD Sumsel dan Bangka Belitung, BPD Kalimantan Tengah, BPD Kalimantan Timur, BPD Kalimantan Selatan, BPD Sulawesi Tenggara, BPD Nusa Tenggara Barat, BPD Nusa Tenggara Timur dan BPD Papua.

Reporter : Very Herdiman
Editor : Firman Qusnulyakin