• News

  • Ekonomi Makro

Pemerintah Targetkan Tapera Terealisasi Tahun 2018

Ilustrasi Perumahan (housing.estate)
Ilustrasi Perumahan (housing.estate)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( Kemen-PUPR) targetkan program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) dapat terealisasi pada tahun 2018.

"Kami yakin, Tapera dapat direalisasikan pada tahun 2018 karena ada tindakan dan action plan-nya," ujar Dirjen Pembiayaan Kemen-PUPR, Maurin Sitorus, di Jakarta, Senin (7/3/2016).

Salah satu tindakan yang sedang disiapkan pemerintah melalui Direktorat Pembiayaan, berupa penyusanan Peraturan Pemerintah (PP) sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang Tabungan Perumahan Rakyat (UU Tapera).

"Peraturan yang dibutuhkan dalam rangka realisasi UU Tapera meliputi peraturan pemerintah, peraturan badan pengelola tapera (BP Tapera), aturan presiden dan keputusan presiden," jelasnya.

Dalam rangka realisasi UU Tapera, pemerintah akan melibatkan pengusaha dalam menentukan besaran iuran Tapera, yang akan ditetapkan melalui PP.

Menurunya, keanggotaan Tapera merupakan hal yang wajib bagi para pekerja, pekerja mandiri dan pekerja asing yang telah memegang visa dan bekerja di Indonesia. Bagi pekerja mandiri dengan upah dibawah upah minimum keanggotaan, Tapera bersifat suka rela.

Editor : Firman Qusnulyakin
Sumber : PR