• News

  • Ekonomi Makro

April 2016, Volume Ekspor Toyota Capai 16.900 Unit

Ilustrasi Mobil Toyota (Istimewa)
Ilustrasi Mobil Toyota (Istimewa)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Volume ekspor mobil pabrikan Jepang, Toyota produksi pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mencapai 16.900 unit sepanjang April 2016. 

Angka ini naik 6% dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu dengan volume berjumlah 15.900 unit.

Data yang dilansir TMMIN, Kamis (26/5/2016), All New Fortuner beri kontribusi paling besar, yaitu sebanyak 6.000 unit.

Kijang Innova dan Vios memberikan kontribusi pada kinerja ekspor masing-masing sebesar 2.000 dan 3.000 unit. 

Model lain yang diekspor seperti Yaris, Avanza, Agya, Rush dan Lite Ace/Town Lite menyumbangkan volume sebesar 5.900 unit.

Wakil Presiden Direktur TMMIN, Warih Andang Tjahjono mengatakan, TMMIN baru memulai ekspor kendaraan Innovative International Multi-purpose Vehicle (IMV) Kijang Innova dan Fortuner pada bulan Maret 2016, setelah sebelumnya sempat dihentikan sementara karena alasan persiapan produksi perubahan total kedua model tersebut.

Untuk model Kijang Innova dan Vios, Saudi Arabia merupakan negara importir terbesar dengan porsi masing-masing 84 persen dan 85 persen dari total volume ekspor kedua jenis kendaraan tersebut. 

Selain ke Saudi Arabia, Kijang Innova juga dikirimkan ke negara-negara di Asia, Amerika Latin dan Karibia. Sedangkan destinasi ekspor model Vios lainnya adalah negara-negara di Asia.

Sementara itu, Filipina menjadi negara importir Fortuner terbesar di tahun 2016 ini. Tercatat 74 persen volume ekspor Fortuner ditujukan untuk konsumen di negara tersebut. Selebihnya dikirimkan ke negara-negara di kawasan Timur Tengah, Amerika Latin dan Karibia.

Reporter : Vito Adhityahadi
Editor : Firman Qusnulyakin