• News

  • Ekonomi Mikro

Nih, Simak Tips Khusus Berburu Barang di Pasar Loak

Baju harga miring di pasar loak Pasar Senen Jakarta
unspoken
Baju harga miring di pasar loak Pasar Senen Jakarta

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Sebelum membeli barang-barang di pasar loak alangkah baiknya Anda perlu mempersiapkan diri agar nantinya Anda benar-benar membeli barang yang sesuai dengan pencarian Anda. Berikut adalah tips untuk Anda yang ingin membeli barang-barang di pasar loak:

1. Menyiapkan Pelengkap Kebutuhan

Sebelum Anda berangkat ke pasar loak sebaiknya Anda menggunakan pakaian dan sepatu yang nyaman dipakai, karena adanya kemungkinan akan betah berada di pasar loak. Jangan lupa selalu membawa uang kontan karena disana tidak banyak yang menyediakan pembayaran dengan jasa kartu debit ataupun kredit. Yang tak kalah penting lainnya adalah membawa pembersih tangan dan tisu karena kemungkinan nanti untuk membesihkan tanganmu yang kotor saat memegang benda-benda di sana.

2. Merecanakan Barang yang Akan Dibeli

Jika kamu ingin merencanakan membeli barang, alangkah baiknya kamu mencatatnya sesuai dengan kebutuhan saja. Atau jika ingin membeli berupa benda yang memiliki dimensi yang besar, sebaiknya kamu mengukur terlebih dahulu tempat yang kira-kira nantinya jadi tempat untuk kamu meletakkannya. Misalkan Anda ingin memebeli perabot rumah seperti lemari atau rak piring. Tak hanya mengukur tempatnya, tapi selain itu kamu juga wajib membawa meteran untuk mengukur benda yang kamu minati agar nantinya bisa diletakkan sesuai di tempat yang kamu inginkan.

3. Datang Lebih Awal

Jika kamu memang berniat mencari barang di pasar loak, disarankan untuk kamu untuk datang lebih awal. Karena ketika kamu datang lebih awal, setidaknya masih terdapat banyak pilihan barang yang tersedia di sana. Namun tak perlu terburu-buru untuk langsung membeli barang yang kamu inginkan, cobalah untuk bersikap tenang dengan mecoba berputa-putar terlebih dahulu dengan menanyakan harga barang yang kamu minati sebagai pembanding.

4. Periksa Kondisi Barang

Ketika kamu telah yakin menemukan barang yang dicari, cobalah untuk memeriksa lagi kondisi barang tersebut sebelum memutuskan untuk membelinya. Cobalah mengecek ke awetannya barang tersebut, apakah terdapat retak, karat, atau kayu yang rapuh yang mungkin bisa menjadikannya cepat rusak. Jika memang terdapat sesuatu yang bisa mengakibatkan barang itu tidak awet, disarankan lebih baik untuk mengurungkan niat untuk membelinya karena pastinya barang tidak akan berusia lama sesuai harapanmu.

5. Menawar Harga Barang

Jika kamu sudah yakin dengan barang yang kamu minati, maka yang perlu lakukan adalah mencoba dengan menawar harganya. Pastikan harga yang kamu tawar sesuai dengan kondisi dan kualitas barang tersebut. Jika barang memiliki sebuah kekurangan atau kecacatan namun kamu merasa mampu untuk memperbaikinya, itu bisa menjadi nilai tambah yang bisa membantu kamu menawar harga barang tersebut. Namun perlu diingat sekali lagi penjual juga memiliki target harga dari barang yang mereka jual, jangan sampai tawaranmu itu menyinggung perasaan penjual.

Berbagai hal bisa kamu dapatkan di pasar loak, namun yang perlu dicermati adalah bagaimana kamu mengkonsidikan kebutuhanmu di sana. Janganlah membeli barang yang memang sekiranya tidak begitu berfungsi dan bermanfaat di rumah, tentunya hal itu akan menambah banyak barang tak terpakai di rumah.

Editor : Farida Denura