• News

  • Ekonomi Mikro

Tak Perlu Bayar Mahal, di Jakarta Ada Lokasi Berburu Sepatu Murah

Taman Puring terkenal salah satu surganya untuk belanja sepatu khususnya untuk anak muda.
tamanpuring blogger
Taman Puring terkenal salah satu surganya untuk belanja sepatu khususnya untuk anak muda.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Di kawasan Jakarta, ada 6 lokasi berburu sepatu murah. Anda tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk belanja sepatu berkelas impor. Mau tahu dimana sajakah lokasi tersebut, simak penjelasan berikut:

Ragam Sepatu Blok M dari Eceran hingga Online

Siapa yang tidak kenal Blok M, tempatnya deretan pusat perbelanjaan, terminal blok M atau bahkan kawasan, namun salah satu tempat yang menjadi tempat yang unik adalah pusat sepatu Blok M. Berada di kawasan Blok M Square puluhan gerai sepatu berbagai model sepatu beragam jenis. Mau gaya yang lama atau yang baru, atau dengan sepatu tampilan nyentrik alias seperti Rainbow Shoes. Seabrek sepatu bisa anda pilih di pusat sepatu blok M ini.

Di Kawasan ini jumlah gerai relatif sedikit namun ukurannya tempat lebih besar. Sedangkan untuk mode bisa dibilang penjual-penjual di sini mengikuti trend yang berkembang. Namun jangan heran pula pusat sepatu Blok M menjadi pusat kulakannya pebisnis on line di kawasan Jakarta Selatan. Perkembangan tehnologi saat ini mencadi celah bisnis dengan memanfaatkan perkembangan sosial media dengan cara memperluas bisnis secara on line.

Beberapa pedagang mengaku sebagian barang yang di jual mengambil dari Bandung. Sedangkan beberapa barang dengan kualitas jempolan yang di jual diantaranya adalah barang import dari Malaysia. Tapi perlu diingat meskipun barang import kita harus tetap jeli dalam memilihbarang yang diinginkan. Jika anda adalah salah satu pecinta mode yang berprinsip “bergaya tidak harus mahal”, aneka sepatu Blok M bisa menjadi pilihan tepat bagi anda.

Tidak bisa dipungkiri jika beberapa toko di pusat aneka sepatu Blok M ini dalam sehari bisa menjual puluhan pasang sepatu. Tingginya daya beli masyarakat Ibu Kota dan karakter masyarakat yang lebih cepat meng-update informasi dan gaya menjadikan kawasan ini tidak pernah sepi dari pembeli. Sehingga selain berdagang di toko-toko, omset paling besar penjualan juga diraup dari melayani pembeli online. Hal ini diakui oleh Fahmi pria asal Padang yang mengaku dalam sebulan omset penjualan untuk pebisnis online bisa menembus angka Rp 35 juta. Sedangkan jumlah transaksi sepatu dalam sehari dengan harga kisaran Rp 55.000 sampai Rp 250.000 tembus hingga 10-15 pasang sepatu.

Senada dengan Rudi salah salah satu pecinta olah raga futsal yang di jumpai di aneka sepatu Blok M mengaku lebih senang membeli sepatu di kawasan ini. Selain harga yang murah, soal mode dan kualitas cukuplah untuk ukuran kantong yang pas-pasan. 

Berburu Sepatu Impor Di Jl. Sultan Agung

Bagi Anda penggemar sepatu impor lebih baik jangan lupa datang kesini. Tepatnya di Jalan Sultan Agung sebelah pasar Rumput Jakarta Selatan. Disini surga belanja sepatu impor tapi bekas. Tapi kalau masalah kualitas, jangan dipertanyakan. Karena sepatunya masih bagus bahkan seperti baru. Dari sepatu Dogmar, Bally, Aigner, futsal, dan lain-lain.

Sepatu disini kebanyakan impor dari Perancis. Pedagang biasanya mengambil stock sepatu dari kapal di pelabuhan. Tapi juga ada orang yang sengaja datang untuk menjual kepada pedagang disini. Sepatu bekas tersebut kemudian dibersihkan kembali oleh pedagang. Setelah itu disemir dan dijual kembali. Dari segi keramaian, termasuk cukup ramai pembeli yang hadir. Harganya pun relatif murah, dengan menyediakan budget minimal Rp. 300.000 saja, Anda sudah mendapatkan sepatu jenis apapun disini.

Paling mahal seharga Rp. 900.000. kalau Anda membeli sepatu di tiko atau di mall harganya mencapai Rp. 3 jutaan lebih. Situasi ramai, biasanya Sabtu dan Minggu tempat ini ramai dipenuhi pengunjung. Buka tiap hari dari jam 06.00- 18.00 WIB. Biasanya yang membeli adalah kalangan menengah ke atas terutama orang kantoran. Umumnya sepatu yang dijual disini berwarna cokelat dan hitam. Memang sengaja dikhususkan untuk kaum laki-laki. 

Sepatu Murah Mode Import di Pasar Ciputat

Bicara tentang sepatu, tak lekang dari ketinggalan jaman seiring dengan mode yang sedang berkembang. Seperti yang telah diketahui Indonesia termasuk peng eksport sepatu bermerek dengan lisensi luar negeri. Dengan tingginya produksi, dapat mengakibatkan barang itu mengalami Rejek dalam istilah bahasa lokal ditafsirkan sebagai produk gagal. Atau menjadi barang tiruan . Akan Tapi bukan berarti barang tersebut tak layak dipakai. Justru barang barang itu di distribusikan kepada masyarakat.

Disupplai kepada para pedagang kaki lima dengan obral per bal. sehingga jatuhnya harga lebih terjagkau terhadap konsumen lokal. Dengan hal ini terciptalah pasar sepatu yamg bisa anda lihat dibeberapa pasar yang anda kenal. Seperti taman Puring, Pasar Ular, Pasat Baru dan salah satu yang akan di rekomendasikan ini adalah pasar sepatu Ciputat. Dahulu letaknya berada di bawah jembatan Fly Over persis dekat pasar Ciputat.

Tapi sekarang berpindah ke kios – kios yang sudah disiapkan oleh pihak Pemda setempat, tak jauh dari lokasi lama. Dengan letak yang strategis ini pastinya akan memberikan omset yang tinggi bagi para pedagang, Bahkan beberapa merk sepatu itu bisa di indent dan dipesan sesuai dengan permintaan. Waktu yang paling ramai tentunya pada pekan liburan sekolah ataupun hari sabtu – minggu.

Dan yang menarik lagi bila hari libur tiba, lapak–lapak sepatu itu kuantitas serta barang berkwalitas akan keluar dan distribusinya meningkat hingga memenuhi sepanjang badan trotoar yang berada dibawah jembatan fly over. Sehingga pembeli dan penjual yang berdatangan dari berbagai daerah pun tak melewatkan kesempatan ini. Kisaran harga yang terjangkau dengan kwalitas barang yang cukup layak, dapat memudahkan calon pembeli untuk memilih dengan sesuka hati.

Karena beragam jenis sepatu dipajang dengan rapi seperti sebuah instalasi seni rupa yang berbasik pada kerakyatan. Secara tidak langsung membuat mata anda terfokus pada sederetan sepatu – sepatu yang tergantung dibibir jalan. Dan sudah pasti keinginan anda tergerak untuk membelinya. Merogoh sedikit kocek anda untuk barang ini, jelas tak akan merugi, oleh sebab sepatu – sepatu yang terpajang dalam kondisi terwat dengan baik. Sementara dapat memberikan kenyamanan untuk melindungi kaki anda, melainkan juga dapat mengikuti trend model sepatu yang sedang up to date. 

Sepatu Second Pasar Kebayoran

Sepatu Second Pasar Kebayoran Anda ingin membeli sepatu second tapi kualitasnya masih bagus? Anda bisa kunjungi Pasar kebayoran di kawasan Kebayoran Lama Jakarta Selatan. Di pasar ini dijual berbagai macam sepatu second yang masih layak pakai. Ukuran sepatu tersebut bermacam-macam.

Ada untuk kalangan muda hingga dewasa. Jenis sepatu yang dijual disini mulai dari sepatu kuliah, futsal, sepatu untuk kerja dan lain-lain. Bahkan, untuk sepatu basket juga dijual di tempat ini. Harga yang ditawarkan relatif terjangkau. Untuk sepatu Basket dijual dengan harga Rp. 200.000 untuk sepatu baru. Sedangkan sepatu basket second harganya tak sampai Rp. 50.000. Sedangkan untuk sepatu futsal second dihargai Rp. 70.000.

Selain jenis sepatu tersebut, dijual juga sepatu yang biasa dipakai pekerja kantoran. Warnanya beraneka ragam, seperti hitam, coklat atau abu-abu. Lapak sepatu disini buka tiap hari dari jam 08.00 sampai 18.00 sore tiap hari. Untuk anda yang ingin kesini, dari Blok M anda tinggal naik metromini 70 jurusan Blok M- Joglo. (Arie) 

Aneka Sepatu Jl. K.S Tubun

Aneka Sepatu Jl. K.S Tubun Anda membutuhkan sepatu untuk berolahraga atau bekerja di kantor? Kios-kios sepatu di jalan K.H. Tubun kawasan Jakarta Barat tempatnya. Kawasan ini membuka kios dari jam 08.00 pagi hingga 21.00 malam. Tak hanya sepatu baru yang dijual tapi juga sepatu second. Harga yang ditawarkan bermacam-macam tergantung jenis dan merek sepatunya.

Biasanya, jenis sepatu yang paling banyak dijual adalah sepatu untuk bekerja di kantor, olahraga seperti Futsal dan Basket. Harga yang ditawarkan antara lain, untuk jenis sepatu Futsal yang masih baru dijual Rp. 50.000 sampai Rp. 70.000 saja. Ada juga sepatu second bermerek asli dengan harga Rp. 200.000. Itupun masih bisa ditawar dan kualitasnya masih bagus serta layak pakai.

Berbagai jenis merek juga ada, seperti Nike, Adidas, Converse dan All Star. Sedangkan untuk sepatu kantor terdapat merek Gucci yang dijual dari harga Rp. 50.000 sampai Rp. 200.000 serta merek lainnya. Warna sepatu yang dijual bermacam-macam seperti hitam, coklat tua dan muda serta abu-abu. Selain sepatu, kawasan ini juga menjual sendal untuk wanita, alas sepatu, tali sepatu dan jasa sol sepatu. 

Taman Puring

Banyak kalangan yang menyebutnya Tampur alias Taman Puring, lokasinya persis di depan pos polisi, nama tersebut diambil dari sebuah taman yang terletak di Kebayoran Lama Jakarta Selatan. Taman ini dulunya pada bagian depan berjejer penjual barang-barang bekas mulai dari pompa air sampai tape mobil, dan sampai sekarang pun masih terlihat pemandangan yang masih serupa.

Taman Puring terkenal salah satu surganya untuk belanja sepatu khususnya untuk anak muda, kenapa saya bilang khusus anak muda karena lebih dominan terlihat kios-kios yang menjual sepatu jenis kets yang umumnya digandrungi kawula muda. Bukan berarti di Taman Puring ini tidak ada jenis sepatu yang casual ataupun sport, banyak juga kalau bila mau mengitari pasar dua lantai ini. Lantai pertama adalah pusat penjualan aneka macam sepatu sementara untuk lantai dua terdapat lapak-lapak kaset bekas yang umurnya lumayan jadul dan kios penjualaan elektronik seperti tape.

Mau cari sepatu merek Nike, Adidas, Puma, Vans yang sedang banyak di gemari oleh remaja, atau sepatu untuk bermain futsal jangan ragu datang ke sini saja gak akan nyesel, pilihannya banyak kalau bicara harga, sedikit nih diberi contoh harga sepatu kets Puma klasik di mal atau tempat lain harganya Rp 399.000, nah kalau di sini setelah bertanya saya dapat harga awal yang di buka oleh pedagang Taman puring Rp. 345.000 harga tersebut belum ditawar kalau pandai menawar bisa mendapat harga yang di bawah itu pastinya, apalagi buat yang bisa bahasa dari daerah Padang di jamin deh tambah akrab dengan yang jualan soalnya penglihatan saya pedagang di sini banyak yang berasal dari daerah Sumatera Barat yaitu Padang.

Tentunya banyak yang sudah mengetahui bahwa tempat ini sekitar tahun 2002 pernah terbakar yang membuat tempat ini tutup untuk sementara, lalu kemudian dengan cepat kembali dipugar untuk berdagang kembali, memang pasar tradisional rentan terbakar ya atau dibakar?. Toko-toko yang berada di dalam pasar Taman Puring rata-rata menjual jenis sepatu yang sama tetapi dengan kelebihan mungkin hanya harga yang dibuka pedagang yang sedikit berbeda tapi ga banyak-banyak amat bedanya.

Tertarik beli sepatu bola di sini juga banyak mau merek apa juga ada dan kualitasnya cukup lumayan, saya berani garansi soalnya waktu jaman sekolah dulu sempat punya sepatu hasil berburu di Taman Puring, masih ingat saya jenis sepatunya merek Adidas Tong warna hitam yang awet sampai bertahun-tahun. Kalau dulu sih yang terkenal dari merek sepatu cuma didominasi Nike, Adidas, Reebok, tapi kalau sekarang banyak bermunculan sepatu-sepatu import yang sedang digandrungi muda-mudi perkotaan yang selalu mengikuti trend berbusana.

Sepatu import bermerek Vans, Volcom banyak terlihat dipajang dikios pedagang harganya juga lumayan, tapi memilih sepatu kan berdasarkan kecocokan serta kenyamanan tidak mesti harus memaksakan mengikuti trend dan mengorbankan kedua hal di atas. (Roy)

 

 

Editor : Farida Denura