• News

  • Ekonomi Mikro

Para Pemula! Ingin Mulai Bisnis Online, Simak Langkah Praktis dan Sederhananya

Ilustrasi Bisnis Online
Finansialku
Ilustrasi Bisnis Online

#4 Memikirkan Sistem Pemasaran

Setelah sarananya siap, maka kini saatnya mulai berjualan. Namun sayangnya, sebagus apapun produk atau jasanya, akan sia-sia jika produknya tidak diketahui orang.

Anda bisa memulainya dengan memanfaatkan media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya.

Saat ini, internet sudah sangat banyak membantu, dan aksesnya mudah serta luas. Dengan demikian, media sosial kini menjadi salah satu sarana pemasaran yang efektif.

Selain itu, gunakanlah juga marketplace untuk memperluas jaringan Anda. Dengan memamerkan produk dan jasa di marketplace, produk Anda akan diketahui publik lebih cepat.

Nah, jika keduanya masih kurang efektif, gunakan teknik pemasaran yang lebih menyeluruh seperti memanfaatkan SEO dalam situs pencarian seperti Google.

Dengan memahami SEO, secara tidak langsung Anda mempermudah pencarian produk Anda di dunia maya.

 #5 Mencari Komunitas yang Mendukung

Langkah terakhir adalah mencari komunitas positif yang senantiasa mendukung bisnis Anda. Anda juga bisa menemukan mentor atau sang ahli dalam komunitas tersebut. Dengan demikian, Anda bisa bergaul sambil menimba ilmu.

Keuntungan dari belajar kepada pengalaman orang lain adalah Anda meminimalkan trial and error, artinya Anda belajar untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan pebisnis lain.

Cara ini sangatlah tepat bagi pebisnis pemula, karena istilahnya Anda bisa meminimalkan kerugian dan kegagalan serta bagaimana mengatasi masalah.

Hal ini bahkan tidak diajarkan di sekolah atau universitas ternama lho.

Hanya dari seseorang yang pernah menjalaninya, Anda bisa belajar mengenai kesalahan dan solusinya secara langsung.

Namun, jangan lupa untuk juga membangun hubungan yang saling menguntungkan. Maksudnya adalah Anda harus membantu orang lain juga, jangan hanya mengharapkan bantuan.

Dengan simbiosis mutualisme, maka Anda bisa bersama-sama maju dan meraih kesuksesan.

Editor : Firman Qusnulyakin
Sumber : Finansialku