• News

  • Ekonomi Mikro

Terkuak, iPhone XR Bakal Jadi Mesin Uang Apple karena Alasan Ini

iPhone XR
dok.mashable
iPhone XR

JAKARTA, NNC -- Minggu ini, wakil presiden pemasaran produk Apple Greg Joswiak mengkonfirmasi bahwa iPhone XR — yang lebih murah $250 dari iPhone XS, dijual mulai dari $749 dengan penyimpanan 64GB  — saat ini merupakan produk paling laris dan populer.

“Sejak iPhone XR tersedia, itu adalah iPhone terlaris setiap hari yang telah dijual,” ungkap Joswiak.

Menariknya, kurang dari sebulan yang lalu, raksasa teknologi itu mengatakan bahwa akan berhenti mengungkapkan data penjualan produknya, termasuk iPhone, iPad, dan Mac yang akan datang.

"Seperti yang saya tahu Anda sadar, pesaing utama kami di smartphone, di tablet, di komputer, tidak memberikan informasi penjualan unit kuartalan baik," jelas CFO Apple Luca Maestri saat itu.

Namun, Maestri dengan cepat menambahkan bahwa ketika tim eksekutif Apple percaya "bahwa memberikan komentar kualitatif pada penjualan unit menawarkan informasi tambahan yang relevan kepada investor." 

Hal ini menjelaskan perihal alasan kenapa Joswiak mengungapkan data penjualan ke publik, terutama untuk menenangkan ketakutan investor atas rumor penjualan iPhone yang anjlok setelah beberapa pemasok Apple memangkas proyeksi pendapatan mereka (termasuk AMS, Japan Display, Lumentum, dan Qorvo) bulan lalu diikuti oleh potongan harga $100 dari iPhone XR di Jepang oleh operator seluler terbesar di negara itu (NTT Docomo).

Upaya tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan penjualan — dan ancaman pekan lalu oleh presiden Trump atas tarif untuk semua produk perangkat keras Apple yang dibuat di Tiongkok.

Berikut adalah 3 alasan utama iPhone XR menjadi iPhone terlaris Apple sejak diluncurkan pada 26 Oktober silam seperti dilaporkan Forbes:

Harga

Dibanderol $749, iPhone XR dengan penyimpanan data 64GB adalah model yang paling terjangkau dari jajaran "iPhone X" Apple yang dirilis tahun ini - kurang dari $250 lebih murah daripada iPhone XS yang yang dijual sekitar $999, dan $ 350 lebih murah daripada iPhone XS Max 1099 yang sedikit lebih besar.

Nilai yang lebih baik

iPhone XR memiliki sebagian besar fitur utama dari saudara-saudaranya yang lebih mahal (prosesor yang lebih cepat, ID Wajah, pengisian nirkabel, kamera sudut lebar dan menghadap ke depan). Namun, desain aluminiumnya membuatnya sedikit lebih berat dan lebih tebal daripada versi stainless-steel dengan bezel yang sedikit lebih besar, lebih sedikit waterproofing, dan tidak ada Touch 3D.

Di sisi positifnya, iPhone XR memiliki daya tahan baterai yang lebih baik secara keseluruhan, lebih banyak pilihan warna (6 vs 3) dan layar LCD yang jauh lebih terang daripada layar OLED yang digunakan dalam model yang lebih mahal. Jadi untuk harga, iPhone XR adalah nilai yang jauh lebih baik daripada iPhone XS dan XS Max yang kebanyakan konsumen mungkin tahu juga, mengorbankan penjualan iPhone dengan harga lebih tinggi.

Waktu

iPhone baru yang lebih murah dikirim lebih dari sebulan setelah perangkat kelas atas. Sama seperti kebanyakan produk baru, ada puncak penjualan saat peluncuran yang kemudian semakin menurun seiring waktu. Ketika iPhone XR mulai dijual, penjualan puncaknya dengan mudah melampaui penjualan semua iPhone baru lainnya — yang melihat puncak penjualan mereka sudah turun. Momentum penjualan iPhone XR terus didorong oleh biaya yang lebih rendah, fitur-fitur canggih, dan nilai keseluruhan yang lebih baik.

Apple sekali lagi berada di bawah tekanan besar - serupa dengan apa yang terjadi tahun lalu - untuk menunjukkan bahwa strateginya menjual iPhone, yang mewakili hampir 60 persen dari pendapatannya, dengan harga yang lebih tinggi masih bekerja.

Pada titik waktu ini, Apple dipercaya akan dengan mudah mencapai angka penjualan untuk kuartal liburan saat ini — sekitar $89 miliar — menjadikannya yang terbesar dalam sejarah perusahaan.

Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya