• News

  • Ekonomi Mikro

Mendes PDTT: Desa Bisa Jadi Penopang Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo.
Istimewa
Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo mengatakan, desa bisa menjadi penopang bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Hal ini bisa terjadi apabila infrastruktur konektivitas antar desa, provinsi dan kabupaten diperbaiki dan dibangun sarana paska panen di desa.

Kata Eko, Dana Desa dampaknya akan lebih efektif terhadap ekonomi masyarakat apabila konektivitas antar desa, provinsi dan kabupatennya baik.

"Hal ini akan dapat mengurangi biaya produksi secara signifikan yang pada akhirnya akan menaikkan pendapatan masyarakat desa," kata Menteri Eko, dikutip dari unggahan di akun resmi media sosial Instagramnya, ekoputrosandjojo, Senin (13/5/2019).

Pernyataan ini disampaikan Eko saat diskusi bersama seluruh Gubernur, Bupati dan Walikota dalam Musrenbang beberapa waktu yg lalu.

Kata Eko, kenaikan pendapatan tersebut akan otomatis menaikkan daya beli dan konsumsi. Kedua hal tersebut lantas berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Mendes katakan, Dana Desa dalam empat tahun terakhir telah mampu membangun infrastruktur dengan skala yang sangat masif. Seperti membangun sepanjang 191.600 kilometer jalan desa, 58.931 unit irigasi, 5.371 unit tambatan perahu, dan ribuan infrastruktur dasar lainnya.

"Tentunya ini prestasi besar dari kepala daerah baik gubernur maupun bupati. Terimakasih sudah mengawal dana desa dengan baik," ujar Eko.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan.H.P

Apa Reaksi Anda?