• News

  • Ekonomi Mikro

Mendes PDTT Imbau Pendamping Desa Cek Pencairan Dana Desa Tahap Kedua

Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo.
Kemendes PDTT
Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo imbau para Pendamping Desa untuk cek pencairan Dana Desa tahap kedua. Imbauan ini disampaikan Menteri Eko, agar para Kades memastikan Dana Desa sudah cair atau belum.

Ditegaskan Menteri Eko, apabila Dana Desa tahap dua belum cair, agar segera dilaporkan pada Koordinator Provinsi masing-masing. Kata Eko, langkah tersebut perlu dilakukan agar hambatan pencairan Dana Desa tahap 2 bisa dibantu dari pusat.

"Tolong cek dana desa tahap ke 2 sudah cair atau belum, kalau belum segera laporkan ke korprov nya masing-masing supaya bisa dibantu dari pusat," kata Eko, dikutip dari cuitan di akun resmi media sosial (medsos) Twitternya, @EkoSandjojo, Kamis (13/6/2019).

Sebelumnya Eko menyampaikan bahwa Kemendes PDTT telah berhasil melampaui target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 yakni mengentaskan 5.000 desa tertinggal dan meningkatkan desa berkembang menjadi desa mandiri.

Target tersebut terlampaui berdasarkan data hasil pendataan Potensi Desa (Podes) 2018 oleh Badan Pusat Statistik (BPS) yang mencatat bahwa jumlah desa tertinggal mengalami penurunan sebesar 6.518 desa, dari sebanyak 19.750 desa tertinggal pada 2014 menjadi 13.232 desa tertinggal pada 2018.

Sedangkan, untuk desa berkembang mengalami peningkatan sebesar 3.853 desa, dari 51.026 desa pada 2014 menjadi 54.879 desa pada 2018.

Eko mengakui, keberhasilan tersebut tentunya berkat kerja keras dari semua pihak. Selain itu, keberhasilan merupakan kerja keras berbagai pihak dalam memastikan program dana desa maupun program kementerian lainnya berjalan dengan baik.

Dia juga pernah mengatakan bahwa desa bisa menjadi penopang bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Hal ini bisa terjadi apabila infrastruktur konektivitas antar desa, provinsi dan kabupaten diperbaiki dan dibangun sarana pascapanen di desa.

Kata Eko, Dana Desa dampaknya akan lebih efektif terhadap ekonomi masyarakat apabila konektivitas antar desa, provinsi dan kabupatennya baik.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan.H.P

Apa Reaksi Anda?