• News

  • Ekonomi Mikro

Mendes PDTT Akan Libatkan Dunia Usaha Jalankan Business Model Blue Economy

 Mendes PDTT akan libatkan dunia usaha jalankan Business Model Blue Economy.
Kemendes
Mendes PDTT akan libatkan dunia usaha jalankan Business Model Blue Economy.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Menteri Desa (Mendes), Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Eko Putro Sandjojo mengatakan, dirinya akan libatkan dunia usaha dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) serta Bank Dunia juga untuk menjalankan business model Blue Economy dan Coastal Economy. Kerjasama dunia dan BUMN dilakukan, dengan harapan bisa berkelanjutan.

Demikian disampaikan Eko saat bertemu dengan Duta Besar Seychelles untuk Indonesia dan ASEAN Nico Barito, baru-baru ini di Jakarta.

Dijelaskan Eko, Seychelles adalah sebuah negara kepulauan di Samudera Hindia yang telah berhasil membangun dgn business model Blue Economy dan Coastal Economy yang berbasis pantai, terutama pariwisata, perikanan, aqua cultures, dan hub seaport hingga berhasil mencapai GDP per kapita diatas USD 26 ribu.

"Banyak desa-desa kepulauan di Indonesia yg bisa mencontoh busines model tersebut," kata Menteri Eko, dikutip dari unggahannya di media sosial Instagram, ekoputrosandjojo, Jumat (21/6/2019).

Kata Eko, dalam pertemuan tersebut disepakati untuk mengirim Kepala Desa, Pendamping Desa dan Pengurus BUMDes desa-desa kepulauan-kepulauan di Indonesia untuk belajar di Seychelle.

Pemerintah Seychelles juga rencananya akan membantu membawa investor ke desa-desa di Indonesia. Diharap Eko, hal itu bisa mempercepat pembangunan desa-desa di Indonesia.

"Mudah-mudahan bisa mempercepat pembangunan di desa-desa kepulauan di Indonesia," kata Eko.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani