• News

  • Ekonomi Mikro

Program Jaksa Jaga Desa Dikenalkan di Desa Pantai Cermin

Program Jaksa Jaga Desa atau Jaksa Masuk Desa.
Istimewa
Program Jaksa Jaga Desa atau Jaksa Masuk Desa.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kajari Kabupaten Deli Serdang, Harly Siregar menyampaikan kepada Pemerintah Desa Pantai Cermin terkait Program Jaksa Jaga Desa atau Jaksa Masuk Desa

Pernyataan ini didampaikan saat Desa Pantai Cermin, Kabupaten Kampar, Riau menjadi salah satu tempat dilaksanakannya kegiatan visitasi Kepemimpinan Nasional PKN Tingkat II Angkatan VIII Tahun 2019 Lembaga Administrasi Negara (LAN).

"Jaksa Jaga Desa merupakan program dalam rangka mengawal penyaluran dan pemanfaatan dana desa Agar berjalan dengan baik dan benar serta terhindar dari penyalahgunaan dan penyimpangan," kata dia.

Menurutnya, Dana Desa merupakan program penting sebagai bentuk perhatian pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat dan meratakan pembangunan. Sehingga dengan anggaran dana desa yang setiap tahun terus mengalami peningkatan dapat berjalan optimal dan maksimal.

"Ada program jaga desa, saat ini jaksa tidak hanya main dikota. Tapi, sudah masuk didesa karena pembangunan sekarang dimulai dari desa. Apalagi, dana desa semakin besar. Saya contohkan, saya di Deli Serdang telah melakukan kerjasama dengan ratusan kepala desa. Jadi, kalau ada masalah di desa, kita akan turut membantu menyelesaikannya," katanya.

Dalam pertemuan antara peserta visitasi Kepemimpinan Nasional PKN Tingkat II Angkatan VIII Tahun 2019 Lembaga Administrasi Negara (LAN) dihasilkan sejumlah rekomendasi yang diserahkan oleh Iqbal Islami selaku Ketua Rombongan.

Rekomendasi diantaranya, meningkatkan kompetensi masyarakat desa dengan melakukan pelatihan-pelatihan untuk kegiatan yang produktif, mempertemukan pihak masyarakat desa dengan pihak PTPN V dan membangun komunikasi yang intensif dengan PTPN V yang bisa dilakikan oleh pihak terkait dari Pemkab Kampar. 

Selain itu, membangun sinergi dengan pemkab, pemprov dan pemerintah pusat untuk mendukung pengembangan potensi yang ada di Desa Pantai Cermin. Serta rekomendasi lainnya yakni mengindentifikasi dan memetakan potensi-potensi yang ada di Desa Pantai Cermin yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan dan membuka lapangan kerja.

 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Widita Fembrian