• News

  • Ekonomi Mikro

Mendes PDTT Imbau Pemda Bangun Desa Wisata, Ini Keuntungannya

Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo berkunjung ke banyuwangi.
Istimewa
Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo berkunjung ke banyuwangi.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo mengatakan desa wisata dalam empat tahun ini terbukti bisa memberikan penghasilan ke desa yang tidak kecil.

Para kepala daerah, Eko harapkan mendorong desanya untuk menggunakan dana desa sebagai sarana wisata yang produktif. Buahnya, ini mampu meciptakan lapangan kerja dan menambah pendapatan desa.

Eko contohkan, membuat tempat pertunjukan budaya misalnya, sebenarnya tidak mahal. Namun menurut Eko, itu bisa menjadikan desa sebagai destinasi wisata yang dapat menambah pendapatan dan menciptakan lapangan kerja didesa.

"Gunakan dana desanya untuk membuat objek wisata. Misalkan, tempat pertunjukan budaya, pusat-pusat kuliner, fasilitas sport tourism, event-event olah raga yg rutin, dan lain-lain," kata Eko, dikutip dari unggahan di akun resmi media sosial pribadinya, ekoputrosandjojo, Minggu (28/7/2019).

Lebih lanjut Eko bertanya pada warganet, ada ide objek wisata apa yang cocok dibangun di desa Anda?. "Ditunggu ya ide-ide kreatif dari anda semua," sambung dia.

Eko juga contohkan, seperti salah satu wisata adventure desa di Kabupaten Bantul. Wisata adventure bisa melepas stres, berolah raga, melatih keterampilan, menguji nyali, mencoba beragam kuliner dan menikmati indahnya alam pedesaan.

Berbagai wisata juga bisa mempererat hubungan dengan anak-anak serta keluarga. Apalagi sekarang berwisata ke desa macam nya banyak, bisa nginap di homestay dan tidak menyiksa kantong,  tinggal googling, atau cari di Youtube saja.

"Dengan berwisata ke desa, kita juga ikut membangun ekonomi desa, ikut mengurangi kemiskinan dan kesenjangan di desa untuk Indonesia yang lebih maju," ujar Eko.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan.H.P