• News

  • Ekonomi Mikro

Ini Alasan Eropa Suka Produk Dekorasi Indonesia

Produk furniture banyak disukai masyarakat Eropa.
Produk furniture banyak disukai masyarakat Eropa.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM  – Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional bekerja sama dengan pusat promosi impor negara berkembang (Centrum tot Bevordering van de Import uit Ontwikkelingslanden/CBI) dari Belanda mengadakan program bimbingan ekspor produk home decoration ke negara-negara Eropa.

Hal ini disampaikan Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Marolop Nainggolan pada lokakarya program Workshop Export Coaching Project produk home decoration Surabaya dan Surabaya.

Produk home decoration Indonesia masih berpeluang besar di pasar Eropa. Belanda menjadi pintu masuk atau lokomotif ke pasar Eropa untuk ekspor produk home decoration Indonesia dengan pangsa pasar sebesar 22.43%. Selama lima tahun terakhir, perkembangan ekspornya menunjukkan tren positif sebesar 3,38% dengan nilai di tahun 2018 sebesar US$ 109juta.

Produk home decoration yang menjanjikan untuk dapat diekspor ke pasar Eropa berdasarkan tren permintaan pasar Eropa antara lain furniture kecil yang mudah dipindahkan, furniture taman, keranjang dan kotak, eco-lighting dan cermin. Melihat kekayaan keterampilan tradisional, banyaknya bahan baku alami yang unik dan berkualitas tinggi, serta pengalaman dalam ekspor, Indonesia dapat membidik segmen pasar menengah ke atas di pasar Eropa yang mengutamakan aspek luxury dan sustainability.
 
Dalam rangka mendukung program tersebut, Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) melalui Direktorat Kerja Sama Pengembangan Ekspor menggelar lokakarya untuk menjaring peserta yang akan mengikuti pembimbingan. Dalam program ini, fokus produk terbagi atas produk home decoration berbahan kayu, rotan maupun serat alami lainnya. Wilayah Jawa Timur dan daerah Cirebon, memiliki banyak UKM yang potensial untuk didorong produknya hingga ke pasar luar negeri.

“Melalui program kerja sama ini akan memberikan kesempatan bagi para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Indonesia untuk mendapat pembinaan ekspor langsung dari tenaga ahli CBI Belanda untuk pengembangan bisnis produk home decoration-nya,” ujar Marolop, dalam siaran persnya, Minggu (18/8/2019).

Bagi pelaku usaha yang ingin mendapat bimbingan dapat mendaftarkan melalui situs web https://www.cbi.eu/projects/cbi%E2%80%99s-export-coaching-project-home-decoration-indonesia/ dengan batas akhir pendaftaran pada tanggal 31 Agustus 2019. Peserta yang terpilih mengikuti Program ini tidak dipungut biaya.

Editor : Sulha Handayani