• News

  • Ekonomi Mikro

Makanan Berbahan Dasar Ayam dan Minuman Kekinian Paling Banyak Dipesan Melalui GoFood

Ilustrasi layanan GoFood.
go-jek.com
Ilustrasi layanan GoFood.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Untuk memahami lebih dalam mengenai konsumsi makanan/ minuman masyarakat Indonesia, GoFood merilis “Tren Kuliner 2019”.

Data internal perusahaan hingga Agustus 2019 ini memperlihatkan pertumbuhan industri makanan/ minuman yang didorong oleh GoFood hingga prediksi kuliner melihat kecenderungan pesanan konsumen.

VP Corporate Affairs Food Ecosystem Gojek, Rosel Lavina menjelaskan, jumlah pemesanan melalui GoFood sepanjang tahun ini meningkat 133%, lebih dari 2 kali lipat dibandingkan periode yang sama di tahun 2018.

Menurutnya, pertumbuhan pesat pemesanan jenis makanan/minuman tertentu - untuk beberapa jenis kuliner meningkat hingga lebih dari 100% dari tahun 2018 ke 2019. "GoFood menjadi barometer tren makanan/ minuman baru di masyarakat," kata Rosel dalam keterangan yang dikutip Sabtu (5/10/2019).

Selain tu, dengan mengikuti program promo GoFood untuk menarik minat pelanggan, merchant GoFood dapat meningkatkan penjualan hingga lebih dari 60%.

Data tersebut juga mengungkapkan bahwa transaksi dan pertumbuhan merchant GoFood dominan ada di Pulau Jawa. Adapun, lima wilayah dengan jumlah transaksi GoFood terbanyak sepanjang tahun 2019, yaitu Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, dan Makassar.

Sedangkan, lima wilayah dengan jumlah merchant GoFood baru terbanyak sepanjang tahun 2019, adalah Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Malang, Yogyakarta.

"Pertumbuhan pesat jumlah merchant baru GoFood di beberapa wilayah di Indonesia - salah satunya mencapai 2,43 kali lipat - telah menyediakan lebih banyak pilihan kuliner bagi pelanggan," kata Rosel.

Disebutkannya pula, transaksi terbanyak terjadi pada waktu malam hari, disusul oleh waktu makan siang dan cemilan tengah malam hingga dini hari.

"Konsumen paling banyak melakukan transaksi di hari Sabtu. Berbeda dengan tahun 2018, di mana transaksi tertinggi terjadi di hari Sabtu dan Minggu," ujarnya.

Pengunjung aplikasi juga GoFood meningkat dari waktu ke waktu - di bulan Agustus 2019, pengunjung GoFood mengalami kenaikan sebesar 2,63 kali lipat dibandingkan bulan Agustus 2018.

Sedangkan, makanan yang paling banyak dipesan konsumen tahun 2019 adalah makanan berbahan dasar ayam, seperti: Topokki Chicken, Black Pepper Chicken, Gochujang Chicken. Diikuti oleh varian burger dengan bumbu lokal, seperti Burger Rendang dan Burger Sambel Ijo.

Sementara, untuk minuman yang paling banyak dipesan, minuman rasa kekinian, seperti Brown Sugar Drinks, Oat Drinks, Regal Drinks, Bubble Tea/ Boba.

Editor : Irawan.H.P