• News

  • Gaya Hidup

Menguak Perbedaan Sepatu Kulit Asli dan Palsu, Begini Caranya

Foto ilustrasi pria memakai sepatu kulit
dok.Pinterest
Foto ilustrasi pria memakai sepatu kulit

JAKARTA, NNC - Tak bisa ditampik bahwa barang asli memiliki kualitas yang lebih baik dibanding barang palsu, tak terkecuali pada sepatu kulit. Selain itu, dari segi harganya pun bisa dibilang berbeda jauh. 

Sayangnya, tak semua orang bisa membedakan antara sepatu kulit asli dan palsu. Dan hal itu yang terkadang menjadi obyek 'mainan' para oknum yang tidak bertanggung jawab. 

Lantas, bagaimana cara membedakan antara sepatu kulit asli dan palsu yaa? Jika Anda ingin mengetahuinya, simak ulasan yang dirangkum NNC dari berbagai sumber berikut ini: 

1. Diraba

Cara pertama yang cukup mudah guna mengetahui keaslian sepatu kulit adalah diraba. Kulit asli kalau diraba akan terasa kasar, karena ada pori-pori tempat bertumbuhnya bulu, bahkan kulit paling halus sekalipun terasa sedikit kasar. Jika setelah Anda pegang kulit sepatu terasa sangat halus, Anda wajib menaruh curiga karena besar kemungkinan bahannya kulit sintetis.

2. Motif

Bahan kulit asli memiliki motif tidak beraturan. Ada bagian halus, ada pula yang berkerut. Berbeda dengan kulit sintetis, di mana hampir semuanya bermotif sama karena pada umumnya hasil buatan pabrik punya motif serupa.

3. Bau

Poin penting berikutnya, cari tahu dari baunya. Sepatu kulit asli punya aroma kulit seperti dalam proses penyamakan. Sedangkan sepatu berkulit sintetis akan tercium aroma tidak sedap dan menyengat seperti karet.

4. Harga

Anda pernah mendengar istilah ada harga ada rupa? Itu juga berlaku ketika Anda hendak membeli sepatu kulit. Perhatikan harga yang dicantumkan. Harga sepatu kulit asli cenderung lebih mahal dibandingkan sepatu kulit sintetis atau palsu. Perbedaannya bisa sampai dua atau tiga kali lipat, bahkan lebih.

5. Dibakar

Tips termudah dalam membedakan sepatu kulit asli dan sintetis atau palsu yakni ketika kulitnya dibakar. Namun ada baiknya Anda mempertimbangkan opsi ini sebagai opsi terakhir. Sepatu kulit asli membutuhkan waktu lebih lama ketika dibakar dan berubah menjadi abu. Beda halnya dengan sepatu kulit palsu yang akan langsung meleleh seperti plastik saat dibakar.

 

Reporter : Christophorus Aji Saputro
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya