• News

  • Gaya Hidup

Jelang Imlek, Sudah Punya Bunga Mei Hwa Si Pembawa Hoki?

Bunga Mei Hwa
dok.pertanianku
Bunga Mei Hwa

JAKARTA, NNC - Pergantian tahun selalu saja dirayakan oleh setiap kalangan, tak terkecuali oleh masyarakat Tionghoa yang menantikan pergantian tahun Tiongkok yang dikenal dengan sebutan Imlek

Jelang perayaan Imlek kali ini, tak heran jika kini banyak warga tionghoa mulai berburu beragam pernak-pernik imlek, salah satunya adalah bunga Mei Hwa.

Tak hanya sebagai pernak-pernik, hadirnya bunga mei hwa pada perayaan Imlek konon dipercaya bisa membawa hoki. Sebab, bunga ini merupakan simbol kemakmuran, harapan, keuletan, dan kesejahteraan. 

Selain itu, kekuatan bunga mei hwa yang bisa tumbuh di segala musim, mengisyaratkan bahwa masyarakat tionghoa harus kuat menjalani hidupnya di berbagai situasi, sama seperti mei hwa yang sanggup tumbuh di musim apapun, baik itu di musim panas ataupun dingin.

Tak hanya dipercaya bisa membawa hoki, penampakan dari mei hwa juga memiliki arti mendalam, sehingga menimbulkan kedamaian tersendiri. 

Seperti warna daunnya yang merah keputihan, mencirikan karakter tegas dan lembut dalam tumbuhan asli tiongkok ini. Tak heran, untuk mempercantik bunga ini, warga tionghoa kerap kali menggantungkan angpao dan pernak pernik lainnya sebagai pelengkap kemeriahan imlek.

Adapun nilai filosofisnya, diambil dari sebuah legenda yang menceritakan tentang hubungan kakak beradik yang memiliki sifat bertolak belakang. Sang kakak bernama Da Jui (si mulut besar) ingin mengusai harta adiknya, Da Shou (si Tangan Besar).

Dengan berbagai cara Da Jui berupaya keras dengan keserakahannya untuk mengalahkan adiknya sendiri. Harta benda berupa sawah, rumah sederhana, kuda dan keledai pun dijual untuk kebuutuhan sehari-hari hingga hanya menyisakan seekor anjing dan kambing.

Konon dalam kisah tersebut, anjing dan kambing yang selalu menemani sang adikpun diracun hingga mati. Setelah dikubur di pelataran belakang rumahnya, karena kebaikan dan kesabaran Da Shou, tumbuh dua batang pohon kecil yang dikenal dengan mei hwa. 

Satu batang pohon berbuah emas dan satu batang pohon lainnya berbuah perak. Sang adik pun seketika menjadi seorang kaya raya melampaui kekayaan sang kakak. Sejak saat itu bunga mei hwa, diyakini sebagai bunga pembawa keberuntungan.

 

Reporter : Christophorus Aji Saputro
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya

Apa Reaksi Anda?