• News

  • Gaya Hidup

Ingin Happy saat Memasak? Pastikan Dapur Anda Punya 4 Alat Elektronik Ini

Ilustrasi wanita memasak di dapur
dok. andreabeaman
Ilustrasi wanita memasak di dapur

JAKARTA, NNC -- Untuk bisa menyajikan masakan yang lezat dan sehat bagi keluarga di rumah, Anda membutuhkan mood yang bagus selama memasak. Tetap happy dalam memasak bisa berpengaruh besar pada kualitas dan rasa masakan yang Anda sajikan.

Mood yang baik pada saat memasak dipengaruhi oleh banyak hal, di antaranya cara kita menata dapur dan ruang makan (jika dapur dan ruang makan Anda menyatu), hingga kepraktisan peralatan masak yang tersedia. Untuk Anda yang memiliki ruangan terbatas, dapur dan ruang makan yang menyatu sering disatukan sehingga Anda harus tahu cara cerdas untuk menata ruang makan Anda agar tidak terkesan sumpek.

Happy ini juga bisa didukung dengan tersedianya perkakas dapur yang mumpuni dan memudahkan proses memasak Anda. Seiring bertambahnya teknologi seputar dapur yang makin canggih, ada 4 alat elektronik yang tak boleh Anda lewatkan karena kepraktisannya. Berikut daftarnya:

1. Teko listrik
Apakah Anda sering memasak air menggunakan teko? Anda pasti harus benar-benar memperhatikan teko Anda karena akan berbahaya jika dibiarkan mendidih tanpa dimatikan apinya. Sangat tidak praktis bukan? Belum lagi Anda memasak air sambil memasak makanan lain. Konsentrasi Anda benar-benar harus terbagi dua.

Untunglah saat ini Anda dapat menemukan teko listrik. Teko listrik pun dinilai lebih praktis dan aman. Teko listrik pada umumnya dilengkapi dengan switcher otomatis yang bisa mendeteksi jika air telah mendidih. Ini tentu saja aman karena teko listrik akan mati dengan sendirinya sehingga tidak menyebabkan hal yang tak diinginkan. Tidak sulit untuk membelinya, Anda dapat membeli teko listrik dengan switcher otomatis ini di toko terpercaya misalnya Dekoruma yang memang menyediakan peralatan rumah tangga praktis.

2. Blender
Blender ini merupakan perkakas dapur yang tak diragukan lagi fungsinya. Benda yang satu ini bisa disebut multifungsi karena bisa menjadi pengganti juicer yang memungkinkan Anda menyajikan minuman segar untuk keluarga tercinta. Kini, blender juga dilengkapi dengan komponen lain yang semakin memperkaya fungsinya, misalnya saja gelas penggiling biji-bijian dan daging.

Memilih blender juga butuh pertimbangan khusus. Anda sebaiknya memilih blender yang gelasnya terbuat dari kaca dibanding bahan plastik polimer. Meski lebih berat, gelas kaca ini relatif lebih mudah dibersihkan, tidak meninggalkan bekas minyak, dan aroma bahan makanan.

3. Kompor listrik
Anda yang terbiasa menggunakan kompor gas sebenarnya bisa saja beralih ke versi elektriknya. Kompor listrik dinilai lebih aman dibandingkan kompor gas biasa. Ini dikarenakan Anda bisa mengurangi risiko kebocoran gas yang bisa berakibat fatal. Selain itu, kompor listrik juga bisa menghemat banyak ruang karena penempatannya yang sangat praktis dibandingkan pesaingnya. Selain praktis, kemampuan kompor listrik ini juga tidak perlu diragukan karena tetap menghasilkan panas yang sama. Jika Anda menginginkan produk kompor listrik yang berkualitas, cobalah untuk membelinya di tempat terpercaya. Di antaranya, Anda dapat membeli kompor listrik terbaik di Dekoruma yang disertai dengan garansi produk resmi.

4. Slow cooker
Barangkali benda yang satu ini masing asing bagi Anda. slow cooker ini hampir mirip dengan mesin penanak nasi, hanya saja dengan fitur yang lebih lengkap. Slow cooker bisa digunakan untuk memasak jenis makanan yang butuh waktu memasak lambat agar teksturnya pas dan lezat, misalnya memasak bubur secara praktis.

Slow cooker bisa menyesuaikan bahan makanan yang Anda masak jika Anda menekan tombol terkait. Mesin akan mengatur berapa lama waktu yang dibutuhkan dan berapa derajat panas yang diperlukan. Nantinya, Anda juga bisa dengan mudah memindahkan slow cooker ke ruang makan untuk disajikan pada keluarga, tanpa harus memindahkan isinya. Praktis sekali bukan?

5. Food processor
Food processor atau pelumat makanan ini memang mutlak dibutuhkan oleh setiap dapur karena fungsinya yang memukau. Kemampuannya melumat dan mencampurkan bahan makanan bisa memudahkan Anda karena prosesnya yang cepat dan hasilnya halus merata.

Terlebih jika Anda memiliki hobi membuat kue yang butuh kualitas adonan yang sempurna. Selain itu, Anda yang memiliki anak kecil dalam tahap MPASI juga bisa memanfaatkan food processor untuk menyajikan makanan pendamping ASI yang bergizi.

Reporter : Christophorus Aji Saputro
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya