• News

  • Gaya Hidup

Datang ke Nepal, Nikmati Kebebasan Beli Minuman Beralkohol Harga Murah

Minuman mengandung alkohol mudah ditemi di Nepal.
Netralnews/Sulha
Minuman mengandung alkohol mudah ditemi di Nepal.

KATHMANDU, NETRALNEWS.COM – Kota Kahtmandu dan Pokhara dua wilayah destinasi wisata yang banyak mengundang wisatawan datang ke sini. Dua tempat ini menyajikan keindahan alam dan kontur tanah serta pemandangan indah, dan menjadi warisan budaya dengan memiliki banyak kuil Budha dan Hindu.

Namun lepas dari nilai-nilai budaya dan agama yang mereka anut, jangan heran jika di setiap warung Anda akan menemui dengan mudah minuman beralkohol.  Satu botol besar Vodka Absolut dari Rusia cukup dengan kocek Rp 310.000.

Anda cukup mengelurkan uang sekitar 3.500 Ruppe atau senilai Rp 455.000. Sementara Gin cukup dengan harga Rp 50.000. Khusus vodka buatan Nepal, Himalaya Vodka, Sultan Vodka, Golden Oak dijajakan seharga Rp30.000-Rp 202.000.

Meski dijual bebas, pedagang tetap harus memiliki lisensi dari pemerintah setempat. Selain itu, siapapun tanpa kecuali boleh membeli tanpa ditanya usia pembeli. Bahkan turispun tak dikenakan pajak. Intinya, Nepal seperti surga bagi mereka penggemar minuman beralkohol.

Mahesh seorang pedagang di Pokhara mengatakan, setiap hari warga di sekitarnya ada saja yang membeli minuman beralkohol.

“Rata-rata tiap keluarga minum satu gelas untuk menghangatkan tubuh,” ujarnya pada Netralnews, Kamis (25/4/2019).

Ia mengaku setiap hari bisa laku tiga sampai empat botol dan kebanyakan warga lokal senang dengan Himalaya Vodka dan Absolut Vodka. “Kalau warga asing atau turis lebih senang minum vodka dan red wine.  Sementara warga lokal biasanya mencari Absolut Vodka,” kata Mahesh.

Meski mudah membelinya dan siapapun bisa mengonsumsinya, tak ada berita serta tidak tampak orang mabuk di tepi jalan atau mencampurkan minuman seperti oplosan.

Editor : Sulha Handayani