• News

  • Gaya Hidup

Ini yang Perlu Dipersiapkan Pria Jika Ingin Memanjangkan Rambut

Ilustrasi pria dengan rambut panjang
Gentlemans Gazette
Ilustrasi pria dengan rambut panjang

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Memiliki rambut panjang bukan hanya tren untuk kaum Hawa tapi sebagian dari kaum Adam ada juga yang menyukainya berpenampilan berambut panjang.

Sebagian pria yang berambut panjang mungkin bisa terlihat lebih manly dan stylish. 

Namun, memanjangkan rambut bagi pria sebenarnya bukan hal yang mudah dan bisa dilakukan begitu saja. Sebelum memutuskan untuk memanjangkan rambut ada baiknya kalau cari tahu plus minusnya dan apa yang perlu diperhatikan terlebih dahulu.

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan atau dilakukan sebelum seorang pria mulai memanjangkan rambutnya. Apa saja?

Berikut hal yang perlu disiapkan jika pria ingin memanjangkan rambut seperti yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Model rambut yang diinginkan

Sebelum memanjangkan rambut sebaiknya pilih model rambut yang diinginkan apakah sesuai dan cocok dengan bentuk wajah yang Anda miliki.  

Selain itu bisa pertimbangkan hal lain seperti jenis rambut serta seberapa panjang yang kamu inginkan. 

Namun jika tidak cocok dengan rambut panjang, tak usah dipaksakan. Jangan ragu untuk memotong rambutmu dengan gaya pendek bila itu justru bikin kamu terlihat lebih menarik.

2. Pertimbangkan bentuk wajah Anda

Potongan rambut akan memberi nilai lebih atau mengurangi fitur wajah Anda. Sehingga sangatlah membantu apabila potongan rambut nantinya dipikirkan dengan matang oleh Anda.

Misalnya, model Shags dapat menyamarkan telinga atau hidung besar. Sementara potongan panjang tanpa tekstur atau layer tidak mengubah apa-apa selain malah semakin menonjolkannya.

3. Butuh perawatan ekstra

Rambut panjang membutuhkan perawatan ekstra sehingga menghabiskan waktu yang lebih dalam perawatan dibanding rambut pendek. Selain itu juga harus rela mengeluarkan budget untuk membeli beberapa produk perawatan rambut. Hal ini dimaksudkan agar rambutmu tumbuh dengan sehat.

So, buat kamu yang masih malas dalam melakukan perawatan ekstra, lebih baik pikir-pikir lagi untuk memanjangkan rambut. Salah-salah rambutmu malah tumbuh panjang tak terawat. Bukannya tampil menarik, kamu akan terlihat urakan, lho!

4. Hindari stres

Stres yang dimaksud disini adalah stres pada rambut. Hindari tekanan pada rambut panjang Anda. Ini artinya, Anda tidak boleh mengeringkan rambut dengan cara digosok menggunakan handuk seperti yang selama ini dilakukan. Anda harus mulai mengeringkan dengan cara menyatukan rambut lalu memerasnya dengan lembut sampai kelembapan berlebih hilang dari rambut.

Hindari juga pengeringan menggunakan hairdryer terlalu sering. Jangan juga menyisir rambut dalam keadaan basah. Ini bisa menyebabkan rambut Anda mudah rontok dan patah.

5. Ketahui trik membersihkan rambut yang baik

Kalau kamu punya kebiasaan keramas yang tidak teratur, harus siap untuk berubah bila ingin punya rambut panjang. Kebiasaan sering keramas setiap hari akan membuat rambut kering dan rapuh.

Supaya rambut tidak kering dan rapuh jangan lupa untuk menggunakan conditioner dan serum untuk menjaga kekuatan rambut.

Hanya karena menginginkan rambut panjang, bukan berarti Anda harus melewatkan jadwal memangkas rambut. Ketika sudah waktunya untuk dipangkas, lakukan setiap 2 hingga 3 bulan sekali. Yang dipangkas adalah ujung rambut bercabang dan mempertahankan bentuk rambut tanpa membatasi kemajuan dari proses yang sedang Anda jalani.

6. Ganti produk rambut yang Anda gunakan

Pomade, wax, dan gel dirancang untuk mereka yang berambut pendek. Ketika sudah mendapatkan rambut yang lebih panjang, Anda perlu menggantinya dengan krim perawatan, serum, atau kondisioner tanpa bilas untuk menjinakkan rambut. Produk-produk tersebut memang dirancang untuk mereka yang memiliki rambut sedang hingga panjang sehingga tidak memberatkan rambut.

Kunci dari memanjangkan rambut bagi pria adalah kesabaran. Sabar dalam menjalani proses demi mendapatkan rambut yang tak sekadar panjang namun kuat dan sehat. Selamat mencoba!

Reporter : Sesmawati
Editor : Nazaruli