• News

  • Gaya Hidup

Resmi Digelar, Ini Harapan Penyelenggaraan JFFF 2019

JFFF ke-16 remsi dibuka dan berlangsung hingga 8 September.
Genpi
JFFF ke-16 remsi dibuka dan berlangsung hingga 8 September.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM- Jakarta Fashion & Food Festival 2019 (JFFF) kembali digelar untuk yang ke-16 kalinya. Festival tahunan hasil kerjasama Summarecon dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta tersebut berlangsung mulai tanggal 7 Agustus - 8 September 2019 di area Summarecon Kelapa Gading, Jakarta Utara.

President Director Summarecon, Adrianto P. Adhi,  menyampaikan JFFF adalah sebuah program yang tak hanya bertujuan untuk melestarikan budaya Nusantara, namun juga untuk semakin meningkatkan kekuatan perekonomian melalui para UKM dan industri lokal anak bangsa.

“Diharapkan pada penyelenggaraan ke-16nya ini, JFFF senantiasa memberikan kontribusi bagi industri kreatif lokal kita yang berbasis budaya Nusantara, khususnya di sektor mode dan kuliner guna memperkuat daya tarik Jakarta sebagai destinasi wisata,” tutur Adrianto, Kamis (8/8/2019)

Meskipun JFFF 2019 adalah penyelenggaraan yang ke-16, bukan berarti JFFF tidak bisa menghadirkan sesuatu yang baru. Dalam program Fashion Festival hadir menjadi warna baru adanya kampanye Sustainable Fashion dan Less Waste, sebagai bentuk kepedulian JFFF memberikan edukasi kepada masyarakat gaya hidup yang ramah lingkungan. Sementara dari  Food Festival, setiap minggunya selama JFFF berlangsung, akan hadir secara bergantian beragam kuliner legendaris yang selalu diburu masyarakat.

Sebuah program baru pada tahun ini pada tahun ini adalah Jakarta Brand Festival (JBF) berkolaborasi dengan Gambaran Brand. Program terbaru JFFF ini sebagai usaha konkret untuk mendorong perkembangan brand lokal Indonesia dengan mengakselerasi performa bisnis mereka melalui kegiatan mentorship dan bazar. Sejumlah UKM di bidang mode dan kuliner yang telah mengikuti program mentorship, mendapat kesempatan untuk memperoleh stand berjualan di area Fashion Village & Kampoeng Tempo Doeloe (KTD). Acara puncak JBF akan diadakan pada 22 Agustus 2019 di Ballroom Harris Hotel & Conventions Kelapa Gading, sekaligus sebagai perayaan untuk para UKM yang telah berhasil mengikuti program mentorship selama 4 bulan.

Sementara itu, para partner dan mitra kerja yang mendukung penyelenggaraan JFFF setiap tahunnya, secara konsisten terus memberikan kontribusinya agar JFFF menjadi wadah serta memfasilitasi industri kreatif untuk terus berkreasi dan berinovasi, sekaligus menjadi daya tarik wisatawan sehingga memperkuat perekonomian Indonesia khususnya dalam sektor pariwisata.

Kemeriahan festival mulai terasa ketika acara seremoni berlangsung sebagai tanda dibukanya JFFF, yang dilanjutkan dengan  parade barisan penari dan akrobatik yang muncul di atas panggung, diiringi alunan merdu penyanyi Lea Simanjuntak. Perkusi dengan alat-alat dapur dan para penari kemudian muncul untuk menggambarkan kemeriahan Food Festival yang ada di JFFF, yaitu Kampoeng Tempo Doeloe di La Piazza mulai 7 Agustus - 8 September 2019 dan

Wonderful Culinary Expo di MPH La Piazza mulai 7 Agustus - 1 September 2019, dilengkapi JF3RUN pada 25 Agustus 2019.
Usai atraksi ragam kuliner, untuk menggambarkan Fashion Festival, para model kemudian bermunculan di atas panggung mengenakan koleksi beberapa desainer yang akan tampil dalam rangkaian fashion show di JFFF 2019 nantinya. Koleksi yang tampil pertama adalah karya desainer Didi Budiardjo, Eridani, dan Yogie Pratama yang akan tampil dalam Opening Fashion Show JFFF “Jalinan Lungsi Pakan” dari Cita Tenun Indonesia di Hotel Harris pada 15 Agustus mendatang.

Kemudian dilanjutkan koleksi karya desainer yang akan tampil dalam show tunggal di rangkaian JFFF 2019, yaitu Tities Sapoetra, Danjyo Hiyoji yang merupakan brand hasil kolaborasi Dana Maulana dan Liza Masitha, Hengki Kawilarang, dan MajorMinor, yaitu brand dari Ari Seputra yang secara rutin setiap tahunnya diekspor ke beberapa negara Asia dan Eropa. Pada tahun ini, JFFF pun akan menghadirkan 3 desainer muda Indonesia, yaitu  Amot Syamsuri Muda, Jenahara, dan Cynthia Tan, yang akan menampilkan kolaborasi apik dengan karakter Hello Kitty pada 17 Agustus nanti.

Chloe Clau yang terpilih sebagai Face Icon JFFF 2019 tampil sebagai puncak dan penutup rangkaian Opening Ceremony JFFF, dengan mengenakan karya Rinaldy A. Yunardi, seorang desainer aksesoris Indonesia yang karyanya telah mendunia. Sejumlah 34 koleksi Rinaldy yang terinspirasi dari perhiasan klasik tradisional dari berbagai provinsi di Indonesia, pada tanggal 21 Agustus di acara JFFF Awards akan tampil sebagai puncak acara Fashion Festival, dengan tema “Aku, Untukmu Indonesia”.

Editor : Sulha Handayani