• News

  • Gaya Hidup

Formula Kedelai Terbukti Aman Jadi Nutrisi Alternatif Anak yang Alergi Susu Sapi

Ilustrasi alergi pada anak.
Istimewa
Ilustrasi alergi pada anak.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Konsultan Tumbuh Kembang Anak, Prof Dr dr Rini Sekartini SpA(K) mengatakan, ada beberapa nutrisi alternatif untuk anak dengan alergi susu sapi.

Nutrisi alternatif pengganti susu sapi diantaranya formula protein yang terhidrolisa, misalnya formula dengan protein terhidrolisa ekstensif dan formula asam amino. Selain itu ada pula formula kedelai atau soya. 

"Terbukti aman. Pola pertumbuhan, kesehatan metabolik, dan fungsi reproduksi, endokrin, imunitas, dan juga fungsi neurologis tidak berbeda dengan penggunaan formula susu sapi," kata Prof Rini. 

Pernyataan tersebut disampaikan Prof Rini dalam Media Gathering dan Peluncuran Inovasi Baru SGM Eksplor Advance+ Soya di Jakarta, Rabu (28/8/2019).

Ditambahkan Prof Rini, formula kedelai juga terbukti mendukung tumbuh kembang anak. Dikatakan, sampai usia 1 tahun pada bayi yang lahir cukup bulan terbukti tumbuh dengan nutrisi yang normal. Sampai Usia dewasa, berat badan, tinggi badan, dan indeks masa tubuh yang mengonsumsi formula kedelai di awal kehidupan juga tidak berbeda dengan anak yang mengkonsumsi formula susu sapi

"Jadi formula isolat protein kedelai atau soya aman dan terbukti mendukung tumbuh kembang anak. Tapi bukan susu kedelai yang dijual-jual di pasar, tapi yang sudah diformulasi, ditambah mineral dan vitamin, difortifikasi sehingga kalori sama dengan susu sapi " jelas dia.

Selain dari formula kedelai, protein juga bisa diperoleh anak dari berbagai lauk yang dikonsumsi anak seperti ayam, ikan, atau telur. Menurut Prof Rini, anak masih perlu konsumsi susu dan protein setiap makan dan formula susu sendiri bisa diberikan saat anak berusia diatas satu tahun. 

Untuk diketahui, nutrisi isolat protein kedelai atau soya merupakan produk derivikasi kedelai. Produk ini bebas protein susu sapi dan laktosa. Ini difortifikasi dengan mikronutrien, seperti zat besi, dengan kandungan vitamin, mineral dan elektrolit, serta kandungan energinya sebesar 67 kcal/ dL. 

"Jadi formula kedelai ini aman bagi kondisi anak yang tidak dapat konsumsi susu sapi. Beberapa kondisi diantaranya, alergi susu sapi, intoleransi laktosa, dan galaktosemia," kata dia.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Widita Fembrian