• News

  • Gaya Hidup

Begini Kisah Natasha Rizky Urus Anak yang Alergi Susu Sapi

Natasha Rizky punya cara khusus atasi anak alergi susu.
Netralnews/Ocha
Natasha Rizky punya cara khusus atasi anak alergi susu.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Tidak banyak yang tahu bahwa Aktris Natasha Rizky Pradita memiliki anak yang alergi dengan susu sapi. Keadaan ini terjadi pada anak keduanya, Mishka Arrawfa Najma atau akrab disapa Mishka.

Natasha katakan, awal anaknya memiliki indikasi alami alergi susu sapi saat timbul beberapa tanda mencurigakan, yakni ruam merah pada kulit. Istri dari presenter Desta ini juga sempat mengira bahwa ruam merah kulit hanya sebatas gangguan serangga.

Kekhawatiran dia dan suami lantas semakin memuncak ketika anaknya mengalami diare, hingga mengkonsultasikannya ke dokter dan diketahui ada gejala alergi pada susu sapi. Dia juga mengaku bingung, karena keadaan ini tidak terjadi pada anak pertamanya, Megumi Arrawda Sachi.

"Kita (Natasha dan Desta) khawatir dan mengkonsultasikan ke dokter. Akhirnya mulai melakukan eliminasi produk turunan susu sapi," kata Natasha.

Pernyataan tersebut disampaikan Natasha dalam Media Gathering dan Peluncuran Inovasi Baru SGM Eksplor Advance+ Soya di Jakarta, Rabu (28/8/2019).

Selain mengeliminasi berbagai produk turunan susu sapi, Natasha akhirnya mencari sumber protein lain yang dibutuhkan dalam memenuhi nutrisi anaknya. Upaya ini dilakukan karena Natasha dan Desta mengetahui, nutrisi yang seimbang penting bagi tumbuh kembang dan masa depan anak nantinya.

"Setelah konsultasi dengan dokter saya jadi lebih tenang dan dokter memang bilang anak saya tidak bisa konsumsi susu sapi. Dokter juga sampaikan bahwa ada sumber protein lain kok selain susu sapi," jelas dia.

Natasha akhirnya mencoba memberikan asupan protein lain melalui formula kedelai atau soya. Formula ini diberikan saat Mishka belum genap usia setahun dan bertahan hingga kini usianya telah mencapai tiga tahun.

Natasha juga merasa lega karena Mishka dikatakan menyukai rasa susu formula soya. Pemberian susu formula soya diakui Natasha butuh proses, dan beruntung anaknya tidak setengah-setengah saat minum susu formula soya sehingga mudah diberikan secara berulang, dan konsisten.

Selain berjuang memenuhi nutrisi anaknya yang tidak bisa konsumsi susu sapi, Natasha juga mengaku berjuang pula memberikan edukasi pada keluarga. Menurutnya keluarga juga perlu diberikan edukasi bahwa pemenuhan protein bisa juga diperoleh dari formula soya, selain dari susu sapi. Edukasi tersebut perlu dilakukan, agar ada kelegaan dan keyakinan bahwa nutrisi tetap bisa terpenuhi dan tumbuh kembang juga tidak terhambat.

"Kita (keluarga) takut tumbuh kembang anak terhambat tapi pasti ada kok alternatif lain, apalagi orang tua selalu ingin yang terbaik untuk anak. Dan yang penting sebagai orang tua tidak boleh sok tahu, harus konsultasi dokter," jelas dia.

Pada kesempatam yang sama, Konsultan Tumbuh Kembang Anak, Prof Dr dr Rini Sekartini SpA(K) mengatakan, ada berbagai nutrisi alternatif pengganti susu sapi diantaranya formula protein yang terhidrolisa, misalnya formula dengan protein terhidrolisa ekstensif dan formula asam amino. Selain itu ada pula formula kedelai atau soya.

"Terbukti aman. Pola pertumbuhan, kesehatan metabolik, dan fungsi reproduksi, endokrin, imunitas, dan juga fungsi neurologis tidak berbeda dengan penggunaan formula susu sapi," kata Prof Rini.

Ditambahkan Prof Rini, formula kedelai juga terbukti mendukung tumbuh kembang anak. Dikatakan, sampai usia 1 tahun pada bayi yang lahir cukup bulan terbukti tumbuh dengan nutrisi yang normal.

"Sampai Usia dewasa, berat badan, tinggi badan, dan indeks masa tubuh yang mengonsumsi formula kedelai di awal kehidupan juga tidak berbeda dengan anak yang mengkonsumsi formula susu sapi," kata dia.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani