• News

  • Gaya Hidup

Yuk Makan Siang, Ini Resep Pepes Ikan Peda Gurih dan Empuk

Pepes peda
Resepkoki
Pepes peda

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pepes merupakan suatu cara khas dari Jawa Barat untuk mengelola bahan makanan dengan bantuan daun pisang untuk membungkus ikan beserta bumbunya.

Salah satu ikan yang bisa dipepes adalah ikan peda. Bila kunci kelezatan sajian pepes yaitu terletak pada racikan halus bumbu & rempah yang membalur bahan utama, maka lain halnya dengan pepes peda. Ikan peda yang sudah gurih dan empuk ini hanya perlu dipadukan dengan bumbu iris untuk membuatnya sedap sempurna.

Panaskan panci kukusan atau dandang. Ambil beberapa lembar daun pisang untuk alas pepes. Bagi dua semua bahan-bahan untuk tiap pepes. Tata secara berurutan: daun singkong, daun kemangi, ikan peda, bawang putih, dan bawang merah. Tata di sebelah kiri ikan: serai, lengkuas, tomat, dan belimbing wuluh. Tata di sebelah kanan ikan: cabai merah, cabai rawit, daun salam, dan daun jeruk.

Gulung daun pisang sambil dipadatkan. Lipat dan semat kedua ujungnya dengan tusuk gigi. Kukus pepes dengan api sedang selama 45 menit hingga matang. Angkat. Siap disajikan. Berikut cara membuat pepes ikan peda seperti yang dikutip dari Resep Koki.

Bahan-bahan

- 2 ekor ikan peda, rendam air matang lalu tiriskan

- 1/2 ikat daun singkong, siangi lalu iris kasar

- 6 tangkai daun kemangi, petik daunnya

- 2 siung bawang putih, iris

- 4 butir bawang merah, iris

- 2 batang serai, iris serong

- 6 iris lengkuas

- 4 lembar daun salam

- 2 lembar daun jeruk

- 2 buah tomat hijau, iris

- 4 buah belimbing wuluh, potong

- 2 buah cabai merah, iris serong

- 6 buah cabai rawit merah

- Daun pisang secukupnya untuk membungkus

- Tusuk gigi - secukupnya

Langkah memasak:

1. Panaskan panci kukusan atau dandang.

2. beberapa lembar daun pisang untuk alas pepes.

3. dua semua bahan-bahan untuk tiap pepes. Tata secara berurutan: daun singkong, daun kemangi, ikan peda, bawang putih, dan bawang merah. Tata di sebelah kiri ikan: serai, lengkuas, tomat, dan belimbing wuluh. Tata di sebelah kanan ikan: cabai merah, cabai rawit, daun salam, dan daun jeruk.

4. Gulung daun pisang sambil dipadatkan. Lipat dan semat kedua ujungnya dengan tusuk gigi.

5. Kukus pepes dengan api sedang-kecil selama 45-60 menit hingga matang. Angkat.

6. Siap disajikan.

Tips

Sebelum digunakan untuk membungkus, lap dan lemaskan daun pisang dengan cara meletakkannya di atas tutup panci kukus/dandang yang sedang dipanaskan, sampai berubah warna jadi terang dan permukaan daunnya mengkilap. Tujuannya adalah supaya daun pisang mudah dibentuk dan tidak gampang sobek.

Reporter : Sesmawati
Editor : Nazaruli