• News

  • Gaya Hidup

Ini Perilaku Keseharian Masyarakat Urban yang Tidak Sehat

 Kepala Bidang Humas Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) dr Milka Inkiriwang, MARS.
Netralnews/Martina Rosa
Kepala Bidang Humas Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) dr Milka Inkiriwang, MARS.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kepala Bidang Humas Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) dr Milka Inkiriwang, MARS mengungkap keseharian masyarakat urban yang tidak baik, sehingga berdampak pada kesehatan. Beberapa keseharian tersebut diantaranya gaya hidup, makanan, dan minuman. 

Terkait gaya hidup, menurut dr Milka ini dipengaruhi dengan adanya teknologi canggih seperti gawai yang selalu dicari setiap bangun pagi. Padahal seharunya yang dilakukan adalah bersyukur dan melakukan peregangan setelah semalam tidur.

"Apa yang masuk gaya hidup dan menganggu kesehatan adalah begadang, stress karena deadline pekerjaan. Jadi kurang tidur salah satu kebiasaan buruk yang sebetulnya tidak baik bagi kesehatan," kata dr Milka saat konferensi pers Kampanye #AYOMINUMUNTUKSEHAT bersama Le Minerale, Rabu (11/9/2019).

Terkait makanan, dikatakan masyarakat banyak konsumsi makanan berminyak, berlemak, dan banyak gula. Tapi disayangkan, asupan nutrisi seperti sayur dan buah lantas dilupakan.

Terkait minuman, ada pula yang tengah trend dikalangan masyarakat yakni minuman dengan isi boba yang disertai gula tinggi. Banyak juga masyarakat yang lantas menganggap apabila telah konsumsi minuman manis makan rasa lemas tubuh akan hilang, padahal itu kebiasaan salah karena lambat laun akan gerogoti tubuh dan akibatkan penyakit.

"Kalau masuk angin, meriang, pegal, kulit kering, obesitas dan mager, itu adalah sampak dari lingkungan sehingga daya tahan tubuh turun. Yang dilakukan malah kerokan, refleksi dan dibawa tidur saja tanpa konsultasi ke dokter," jelas dia.

Mengetahui hal ini, dr Milka imbau masyarakat terapkan gaya hidup sehat, diantaranya dengan konsumsi makanan bergizi dan nutrisi seimbang. Selain itu merubah pola dan gaya hidup, sehingga badan mulai adaptasi dengan gaya hidup sehat dan energi positif datang, tubuh sehat dan segar. 

"Olahraga juga secara teratur karena badan harus gerak untuk seimbangkan kesehatan. Tak kalah penting adalah konsumsi air mineral yang berkualitas," imbau dr Milka.

Menurut dr Milka, air mineral juga berperan dalam memberi asupan nutrisi seimbang. Pasalnya tubuh tidak bisa produksi air mineral sendiri dan harus ada asupan dari luar, misalnya sayur dan buah.

"Kenapa tubuh butuh asupan air berkualitas?, karena organ-organ tubuh terdiri dari air. Kalau organ-organ kekurangan air maka akan banyak faktor terjadi, misal badan capek, dehidrasi, pusing, lemes," kata dia.

 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Widita Fembrian