• News

  • Gaya Hidup

Ibu Milenial Jangan Takut Pakai Kontrasepsi Modern

Anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), dr Boy Abidin, SpOG(K)
Netralnews/Martina Rosa
Anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), dr Boy Abidin, SpOG(K)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), dr Boy Abidin, SpOG(K) imbai para ibu milenial tidak takut menggunakan alat kontrasepsi modern, salah satunya pil kontrasepsi hormonal. Imbauan ini disampaikan dr Boy, pasalnya banyak ibu milenial yang masih takut menggunakan pil kontrasepsi hormonal karena berbagai macam mitos.

Berbagai macam mitos pil kontrasepsi hormonal yang beredar diantaranya dapat menyebabkan ketidaksuburan rahim atau dikenal dengan istilah “rahim kering". Ada juga yang menyebut, pil kontrasepsi hormonal dapat menyebabkan penambahan berat badan, bahkan dapat menyebabkan kanker.

"Pada kenyataannya, hal tersebut tidak benar. Ada penelitian ilmiah yang dapat mematahkan seluruh mitos yang ada," kata dr Boy dalam Talkshow Ibu Milenial Cerdas dalam Perencanaan Keluarga dan Memilih Kontrasepsi Modern, di Jakarta, Kamis (26/9/2019).

Pada kesempatan yang sama, dr Boy juga kampanyekan "The Power of Options" yang merupakan hal penting bagi ibu milenial. Menurut dr Boy, ibu milenial memiliki kesempatan untuk memilih yang terbaik bagi kesehatan reproduksinya dan melakukan perencanaan keluarga yang tepat.

"Upaya tersebut perlu dilakukan agar membantu ibu milenial mempersiapkan kehamilan dan menjaga kesehatan selama kehamilan, sehingga dapat melahirkan generasi baru yang berkualitas," kata dia.

Selain itu, perencanaan keluarga juga bermanfaat bagi ibu milenial untuk memberdayakan dirinya dalam segi pendidikan, sosial dan ekonomi. Kemudahan akses informasi tentang pentingnya perencanaan keluarga dan berbagai macam alat kontrasepsi serta manfaatnya baik manfaat kontrasepsi dan non kontrasepsi akan menjadi faktor pendukung bagi ibu milenial dalam menentukan pilihan.

"Perencanaan keluarga dapat dilakukan dengan mengendalikan kehamilan menggunakan alat kontrasepsi modern. Namun terbatasnya pengetahuan mengenai metode kontrasepsi modern dan kesalahpahaman kerap menjadi hambatan utama penggunaannya," jelas dr Boy.

Dia juga jelaskan, kontrasepsi modern memberikan kekuatan pilihan atau Power of Options kepada perempuan juga keluarganya dengan memberikan mereka ketenangan pikiran dalam merencanakan masa depan, sehingga mereka dapat memperoleh kesempatan yang lebih luas dalam meraih keinginan mereka. Di samping itu manfaat non kontrasepsi yang menyertainya dapat meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan.

Contohnya pil kontrasepsi modern memiliki tingkat efektifitas proteksi kehamilan sebesar 98-99 persen. Saat ini ada pil kontrasepsi modern dengan kandungan Drospirenone 3 mg dan Ethinylestradiol 0,03 mg yang memiliki manfaat tambahan non kontrasepsi seperti mempertahankan berat tubuh, mengurangi rasa sakit saat menstruasi dan jerawat.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya