• News

  • Gaya Hidup

Begini Tips Penggunaan Pil Kontrasepsi Agar Lebih Tepat

Psikolog Anak dan Keluarga Anna Surti Ariani, SPsi, MSi.
Netralnews/Martina Rosa
Psikolog Anak dan Keluarga Anna Surti Ariani, SPsi, MSi.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Psikolog Anak dan Keluarga Anna Surti Ariani, SPsi, MSi bagikan tips penggunaan pil kontrasepsi agar lebih tepat. Disarankan agar ibu sendiri yang menentukan dan memilih alat kontrasepsi yang akan digunakan, setelah itu cari segala informasi tentang penggunaan. 

Menurut Anna, agar kesuksesan penggunaan pil kontrasepsi diimbau juga tentukan waktu yang paling nyaman meminumnya. Untuk memudahkan, bisa dengan miliki dompet atau kantong yang selalu dibawa, lantas letakkan pil di dompet atau kantong tersebut.

"Pasang alarm hp. Tiap kali alarm berbunyi, langsung minum pil kontrasepsinya," kata Anna dalam Talkshow Ibu Milenial Cerdas dalam Perencanaan Keluarga dan Memilih Kontrasepsi Modern, di Jakarta, Kamis (26/9/2019).

Tips ini disampaikan Anna, pasalnya ada berbagai hambatan untuk mencapai keberhasilan kontrasepsi. Diantaranya karena lupa, sibuk, bahkan tidak paham gunakan kontrasepsi. 

"Hambatan lain misalnya terjadi perubahan dalam hidup karena pindah rumah, traveling ke negara lain sehingga alami perbedaan waktu, hingga tidak meletakkan pil di tempat yang mudah diambil," kata Anna.

Hambatan lain yang memungkinkan tidak berhasilnya kontrasepsi diantaranya adalah ketiadaan apotik yang menjual pil dan anggapan bahwa pil mahal. Ibu juga bisa saja mengalami Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dan budaya masyarakat Indonesia, misalnya karena berbagai macam tuntutan lingkungan sosial.

Peran suami juga sangat penting sebagai mitra dalam perencanaan keluarga untuk hadapi berbagai hambatan yang muncul dari sisi ibu maupun dari lingkungan. Menurutnya adanya keterlibatan suami, hambatan ini bisa diminimalisasi dan diatasi. 

"Dengan demikian keluarga dapat mengurangi terjadinya kehamilan tidak direncanakan, dan sebaliknya dapat menciptakan keluarga yang lebih bahagia," kata dia.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Widita Fembrian