• News

  • Gaya Hidup

Gara-Gara "Bebek Nungging", Zaskia Gotik Terancam 5 Tahun Penjara

Zaskia Gotik (szaktudas.com)
Zaskia Gotik (szaktudas.com)

Berita Terkait

JAKARTA, NETRALNEWS.COM -LSM Komunitas Pengawas Korupsi (LSM KPK) melaporkan pedangdut Zaskia Gotik atas dugaan penghinaan dan pelecehan terhadap lambang negara Indonesia ke Polda Metro Jaya.

"Kita sudah melaporkan Zaskia Gotik karena melakukan penghinaan, pelanggaran tentang ideologi dan lambang negara," kata M Firdaus, Ketua LSM KPK.

Menurutnya, tindakan yang dilakukan Zaskia bukanlah perkara ringan. Menghina lambang negara sama saja dengan merendahkan derajat dan martabat bangsa. Oleh karenanya laporan telah terdaftar dengan Nomor: LP/1275/III/2016/PMJ/Dit. Reskrimsus

"Ini kami lakukan untuk membuat efek jera terhadap yang lainnya, kalau menjalankan profesi harus profesional dan proposional tidak boleh sembarangan apalagi sampai menghina negara kita, karena sampai saat ini negara kita jadi negara terbaik di asia," kata M Firdaus, Ketua LSM KPK di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (17/3/2016).

Firdaus melanjutkan, jika ada unsur perdamaian yang dilakukan oleh pihak Zaskia Gotik, dirinya akan melihat terlebih dahulu. Menurutnya, negara Indonesia sudah terhina dengan apa yang dilakukannya.

Bahkan kata Firdaus, bila perlu Zaskia bersujud mencium bendera Merah Putih, dan menyanyikan lagu Indonesia Raya sebanyak 1000 kali.

"Apapun yang terjadi dia harus mengerti dan bersujud bila perlu, dia harus mencium Merah Putih, dan menyanyikan lagu Indonesia Raya seribu kali baru bisa mengobati hati kami," ujarnya.

Akibat leluconnya itu, Zaskia diduga melanggar Pasal 24 Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.

Pasal 57-a jo Pasal 68 dengan dengan pidana penjara paling lama 5 tahun atau denda paling banyak Rp 500 juta.

Sebelumnya, jagad dunia maya dihebohkan dengan ulah Saskia, lantaran candaannya yang dinilai telah menyinggung masyarakat Indonesia. Dimana pada sebuah acara, Saskia yang ditanya pembawa acara soal lambang sila-5 Pancasila, dia menjawab "bebek nungging".

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Firman Qusnulyakin