• News

  • Gaya Hidup

Kurang Minum Buat Perempuan Lebih Berisiko Infeksi Saluran Kemih Ketimbang Pria

Ilustrasi perempuan minum air putih.
Healty
Ilustrasi perempuan minum air putih.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Hydration Science Director Danone AQUA, dr Tria Rosemiarti mengatakan, kurang minum membuat perempuan lebih berisiko alami infeksi saluran kemih dibandingkan dengan laki-laki.

Dijelaskan dr Tria, secara fisiologi, saluran kemih pada perempuan lebih pendek dibanding dengan laki-laki. Secara anatomi, saluran buang air kecil pada Miss V dan anus jaraknya pendek dan secara logika diketahui ada banyak bakteri sehingga berpotensi sebabkan infeksi.

Namun dengan konsumsi air, menurut dr Tria bisa mencegah bahkan mengurangi kekambuhan infeksi saluran kemih pada perempuan. Ini bisa terjadi karena ketika urine lancar, maka bakteri sebagai penyebab infeksi saluran kemih juga terbuang. 

"Karena kandung kemih pada perempuan kecil, sehingga cepat penuh dan buat buang air kecil. Terbuangnya urine ini juga ibarat flush bakteri yang sebabkan infeksi," kata dr Tria pada Netralnews, baru-baru ini.

Maka dari itu dr Tria anjurkan perempuan cukup minum air karena air adalah bagian dari zat gizi. Air bahkan membawa manfaat karena 50-60 persen tubuh kita terdiri dari air. 

Dia klaim, perlu bagi seseorang memenuhi hidrasi tubuh dengan minum air mineral. Hidrasi sendiri disebut sebagai kebutuhan air sesuai volume yang dibutuhkan. 

Hidrasi tergantung dengan jenis kelamin, suhu, lingkungan, aktivitas, hingga berat badan. Apabila aktivitas padat, berolahraga, dan banyak habiskan waktu di luar ruangan, maka dianjurkan konsumsi lebih banyak air dari pada jumlah yang telah dianjurkan.

"Kebutuhan antara perempuan dan laki-laki berbeda, tergantung aktivitas juga. Kalau wanita 1,8 liter, kalau laki-laki 2 liter," kata dia.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Widita Fembrian