• News

  • Gaya Hidup

Berikut Daftar Pekerjaan di Indonesia dengan Gaji Tinggi

Ilustrasi bekerja.
Workspace
Ilustrasi bekerja.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Setiap orang pasti mendambakan memiliki pekerjaan yang ideal. Apalagi dengan upah yang tinggi. 

Kompetisi mendapatkan pekerjaan di era Revolusi Industri 4.0 juga semakin ketat. Perusahaan pun mencari tenaga kerja yang berkualitas, di antaranya akrab dengan penggunaan teknologi serta fasih berbahasa Indonesia dan Inggris. 

Berdasarkan survei yang dirilis oleh firma rekrutmen Robert Walters pada 2018, tenaga kerja dengan kualitas baik dibutuhkan perusahaan untuk mengisi bidang-bidang pekerjaan dengan gaji yang tinggi di Indonesia. Apa saja kemampuan yang dibutuhkan untuk mengisi bidang pekerjaan itu ya?

Accounting dan Finance

Lowongan kerja di bidang ini tergolong mudah ditemukan karena pasti dibutuhkan di semua perusahaan, apapun sektor bisnis yang dijalankannya. Perusahaan tentu ingin memaksimalkan keuntungan yang mereka peroleh, namun tetap memberikan layanan yang baik bagi para pelanggannya. Oleh sebab itu, perusahaan akan mencari tenaga kerja yang berpengalaman, terutama dalam hal perencanaan finansial, analisis bisnis, dan perpajakan.

Banking dan Financial Services

Pertumbuhan ekonomi yang stabil dan maraknya bisnis financial technology (fintech) telah membuka pasar tenaga kerja yang besar di bidang banking dan layanan finansial. Kalau kamu tertarik mengisi lowongan kerja ini, kamu diharapkan memiliki kemampuan manajemen aset, mengelola utang, atau restrukturisasi keuangan. Tak hanya itu, kamu akan punya nilai tambah kalau sudah terbiasa menggunakan statistik dan analisis data.

Meski perusahaan memberikan kualifikasi yang tinggi bagi tenaga kerja di bidang banking dan layanan finansial, mereka juga bersedia memberikan gaji yang setimpal. Berdasarkan survei yang sama, tenaga kerja di bidang ini bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp 300 juta per tahun.

Human Resources

Tenaga kerja yang berpengalaman di bidang human resources dibutuhkan berbagai perusahaan di Indonesia untuk menyusun strategi perekrutan, menciptakan sistem operasional yang efektif, dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Sebab, dengan strategi perekrutan dan pengembangan SDM yang baik, sebuah perusahaan akan memiliki tenaga kerja yang kompeten dan ingin terus berkembang, yang nantinya juga berpengaruh pada kinerja perusahaan.

Karena bidang human resources menjadi akar untuk meningkatkan performa perusahaan, tenaga kerja yang mengisi lowongan kerja ini, masih berdasarkan survei yang sama, bisa mendapatkan kenaikan gaji sebesar 20-30 persen.

Information Technology (IT)

Lowongan kerja ini makin banyak dibutuhkan oleh perusahaan, seiring dengan perkembangan startup di Indonesia. Menurut Startup Ranking, jumlah startup di Indonesia sampai dengan Maret 2019 mencapai 2.074 startup, kelima terbanyak di dunia! Oleh karena itu, tenaga kerja di bidang IT tentu sangat dicari, terutama untuk pengembangan dan pengelolaan software.

Sayangnya, permintaan yang tinggi terhadap tenaga kerja di bidang IT belum sebanding dengan penyediaannya yang masih tergolong rendah. Perusahaan pun berani memberikan gaji yang tinggi bagi tenaga kerja di bidang ini yang mampu memenuhi sejumlah kualifikasi untuk meningkatkan performa perusahaan, misalnya membangun kerangka kerja (framework) dari dasar melalui pemanfaatan big data, kemudian mengomunikasikan hasil kerjanya pada para stakeholder.

Ssstt, bocoran untuk kamu, biasanya tenaga kerja di bidang IT punya jam kerja yang fleksibel dan tidak perlu pergi ke kantor setiap hari.

Legal

Pengacara atau tenaga kerja yang memberikan layanan bantuan hukum dibutuhkan perusahaan di sektor privat maupun publik. Adanya integrasi ekonomi tingkat global, investasi di bidang infrastruktur, dan ekspansi bisnis tentu berurusan dengan banyak ketentuan hukum. Jadi, semakin banyak pula firma hukum yang akan memasang lowongan kerja di bidang ini untuk memenuhi permintaan tenaga kerja. Akan tetapi, bukan hanya firma hukum, perusahaan kini mulai merekrut divisi legal sendiri agar pemahaman tentang brand dan citra perusahaan bisa lebih baik, juga sesuai dengan kebutuhan komersil perusahaan itu.

Kamu lebih tertarik mendaftar di firma hukum atau langsung ke perusahaannya? Keduanya sama-sama memiliki gaji yang tinggi, yaitu sekitar Rp 1 miliar setiap tahunnya.

Sales dan Marketing

Di era digital ini, semakin banyak perusahaan yang berpindah atau memperluas jangkauan usahanya ke ranah online. Lowongan kerja yang terbuka di bidang sales dan marketing pun berkaitan dengan strategi pemasaran digital, manajemen brand, dan pengelolaan media sosial. Tenaga kerja di bidang ini diharapkan mampu berpikir kreatif dan memiliki kemampuan dua bahasa. Dengan demikian, citra perusahaan bisa terbangun dengan baik dan meningkatkan penjualan atau kinerja perusahaan secara umum. Survei Robert Walters menyebutkan, tenaga kerja yang berminat di bidang sales dan marketing bisa mendapatkan kenaikan gaji sebesar 20-35 persen.

Kalau kamu ingin memiliki karier di bidang-bidang pekerjaan dengan gaji tinggi ini, kamu bisa mencari info lowongan kerja terbarunya di Glints Indonesia. Yuk, segera daftar dan gunakan Glints sebagai portal pencarian kerja kamu!

Editor : Widita Fembrian