• News

  • Gaya Hidup

Apa Benar Konsumsi Air Dingin Buat Gemuk?

Ilustrasi mengonsumsi air dingin.
FreePict
Ilustrasi mengonsumsi air dingin.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Apakah Anda pernah mendengar pernyataan bahwa konsumsi air dingin bisa buat gemuk?. Jika ya, Anda perlu mengetahui penjelasan dari Hydration Science Director Danone AQUA, dr Tria Rosemiarti kali ini. 

Berdasarkan pengetahuan yang dimiliki, dr Tria menepis anggapan yang telah banyak beredar di kalangan masyarakat. Menurutnya, konsumsi air dingin tidaklah membuat seseorang menjadi gemuk. 

"Itu (air dingin) 0 kalorinya. Jadi air dingin tidak akan buat gemuk," tegas dia pada Netralnews, baru-baru ini.

Dijelaskan dr Tria, baik air dingin atau air hangat apabila diminum akan menyamakan suhu tubuh. Terkecuali apabila seseorang alami peradangan, maka tidak diperbolehkan konsumsi air dingin.

"Air dingin atau hangat ketika di lambung akan jadi suhu tubuh. Jadi air dingin tidak buat gemuk," tegas dia.

Menurut dr Tria, yang membuat gemuk seseorang bukanlah terkait suhu minuman, melainkan tergantung dengan kalori yang dikonsumsi. Misalnya saja konsumsi berbagai minuman manis yang tinggi gula, tentulah mengandung kalori tinggi dibanding air mineral yang kalorinya 0.

Diakui dr Tria, air juga bisa membantu proses diet, misalnya dengan minum segelas air sebelum makan. Diyakini dr Tria, selain membantu memenuhi cairan tubuh, minum segelas air sebelum makan juga akan mengurangi keinginan makan berlebih. 

Tidak hanya konsumsi air, kata dr Tria, proses diet juga perlu memperhatikan asupan makan gizi seimbang, konsumsi sayur dan buah, serta tak boleh ketinggalan melakukan aktivitas fisik, seperti berolahraga.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Widita Fembrian