• News

  • Gaya Hidup

Konsumsi Tomat Mampu Tingkatkan Kualitas Sperma Hingga 50 Persen

Ilustrasi Sperma
Republika
Ilustrasi Sperma

SHEFFIELD, NETRALNEWS.COM - Mengkonsumsi tomat ternyata dapat meningkatkan kualitas sperma hingga 50 persen, klaim para peneliti. Pria yang ingin memulai keluarga mungkin disarankan untuk makan lebih banyak tomat yang dimasak.

Alasan tomat bisa tingkatkan kualitas sperma karena kandungan likopen, yakni kandungan yang memberi tomat warna merah dan sudah dianggap mengurangi tekanan darah dan menurunkan risiko pria terkena kanker prostat. 

Para ilmuwan memasukkan likopen ke dalam kapsul dan meminta laki-laki untuk meminumnya dua kali sehari, mendapati mereka memiliki lebih banyak sperma yang berenang cepat tiga bulan kemudian.

Jumlah likopen yang dikonsumsi pria dalam penelitian ini setara dengan lima kaleng tomat yang dimasak sehari, dan kapsul mungkin merupakan cara yang lebih baik untuk mengonsumsinya daripada melalui diet tomat.

Hasilnya menunjukkan, makan tomat meningkatkan bentuk, ukuran dan kemampuan berenang sperma, yang mungkin memberi istri mereka kesempatan lebih baik untuk hamil. 

"Peningkatan morfologi, yakni ukuran dan bentuk sperma sangat dramatis," kata Profesor Andrologi di Universitas Sheffield dan penulis senior studi ini, Allan Pacey, dilansir dari laman Daily Mail, Rabu (9/10/2019).

Studi ini melibatkan 56 pria sehat berusia 19 hingga 30 tahun, lebih dari setengahnya ditemukan memiliki sperma berkualitas buruk. Setengahnya lantas diberikan kapsul likopen setiap pagi dan sore.

Setelah 12 minggu, para pria yang meminum kapsul tomat memiliki hampir 40 persen lebih banyak sperma yang berenang cepat, yang penting untuk membuahi sel telur dan mampu membuat seseorang hamil.

Hasil penelitian lantas diterbitkan dalam European Journal of Nutrition. Penelitian diklaim penting karena krisis kesuburan pria. Tercatat, satu dari enam pasangan di Inggris tidak dapat hamil, dan dalam 40 hingga 50 persen kasus masalahnya ada pada pria tersebut.

Makanan cepat saji dianggap sebagai bagian dari masalah ini, meskipun pria juga membahayakan sperma mereka dengan mengenakan pakaian dalam yang ketat, merokok dan obesitas.

Para ahli percaya tomat dapat meningkatkan kualitas sperma karena antioksidan yang dikandungnya mencegah kerusakan pada sperma, sehingga mereka mempertahankan ukuran dan bentuk serta berenang lebih baik.

Sebuah studi sebelumnya menemukan pria yang minum jus tomat selama enam minggu memiliki sperma yang bergerak lebih efisien. Tapi likopen paling baik didapat dari tomat yang dimasak, dan kapsul LactoLycopene digunakan dalam penelitian ini, yang membuatnya lebih mudah diserap ke dalam usus.

"Ini adalah penelitian kecil dan kami perlu mengulangi penelitian dalam uji coba yang lebih besar, tetapi hasilnya sangat menggembirakan," kata Penulis dari Universitas Sheffield, Dr Elizabeth Williams.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sesmawati