• News

  • Gaya Hidup

Berikut Tipe-Tipe Pemimpin yang Baik, Apa Anda Termasuk?

Ilustrasi pemimpin
Radio Suara Wajar
Ilustrasi pemimpin

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Dalam suatu perusahaan atau organisasi, pemimpin atau leader ibarat otak dalam anatomi tubuh manusia, dia yang mengatur kerja organ lainnya.

Semua orang tentu sangat mendambakan sosok pemimpin yang baik dan mengayomi anggota atau anak buahnya. Pemimpin dengan tipe seperti itu biasanya dapat bekerja sama dengan tim. Dengan begitu, tim menjadi solid dan mudah mencapai target, serta kesuksesan bersama.  

Siapa bilang menjadi seorang pemimpin itu gampang? Karena bukan sekadar memimpin sekelompok orang, loh. Tapi ini soal kemampuan si pemimpin untuk menyatukan setiap pikiran yang berbeda dari orang-orang yang dipimpinnya, sehingga tercipta satu visi dan misi yang sama.

Berikut adalah tipe-tipe pemimpin yang baik :

1. Mengenal diri sendiri dengan baik

Pemimpin idaman harus mengenal dirinya dengan baik sebelum mengenal kepribadian anggota atau anak buahnya. Salah satu penerapan mudahnya adalah dengan melakukan analisis Strength, Weakness, Opportunities, Threats (SWOT). Pendekatan ini bukan cuma dipakai untuk bisnis, tapi juga lebih dalam mengenal diri sendiri.

Dengan memakai teknik ini, Anda bisa menganalisis kekuatan dan kelemahan diri Anda.

2. Bersikaplah demokratis

Leader yang memberikan kebebasan pada anggotanya untuk berpendapat, menyampaikan aspirasi, mengembangkan bakat dan mempertimbangkan musyawarah untuk menetapkan suatu kebijakan kepada bawahannya. Pemimpin tipe ini dianggap paling mengerti bawahan karena mau menerima saran dan pendapat.

3. Bijaksana

Seorang pemimpin sejatinya harus memiliki sifat bijaksana. Sifat inilah yang paling penting untuk bisa memimpin sekelompok orang. Contoh kasus, pemimpin harus bisa berlaku bijak dalam mengambil suatu keputusan. Tidak boleh berat sebelah dan hanya menguntungkan satu pihak saja.

4. Memiliki relasi yang luas

Seorang pemimpin tentu harus mempunyai relasi atau jaringan yang luas dengan orang-orang dari berbagai kalangan, termasuk orang-orang penting yang dapat berguna untuk kemajuan bisnis yang dijalani.

5. Paham situasi ekonomi perusahaan

Pemimpin juga wajib mengetahui keuangan perusahaan yang dipimpinnya. Contoh mudahnya adalah seorang pemimpin harus bisa mengetahui laju kas perusahaan, antara pemasukan dan pengeluaran. Dengan begitu, dia akan mengetahui apakah bisnis yang dijalani untung atau malah rugi. Ini penting untuk mengatur rencana bisnis selanjutnya.

 

Reporter : Albert Adji
Editor : Sesmawati