• News

  • Gaya Hidup

Ingin Kulit Bayi Putih, Sehat dan Bersih, Konsumsi Makanan Ini Saat Hamil

Ilustrasi bayi berkulit bersih
Mommyasia
Ilustrasi bayi berkulit bersih

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Setiap ibu pasti berharap bayi yang dilahirkannya sehat dan berkulit bersih. Meski demikian, terkait dengan masalah ini, faktor terbesar yang menentukannya adalah faktor genetika. Genetika akan mempengaruhi pigmen kulit pada bayi.

Namun sebenarnya ada cara yang bisa dilakukan agar kulit bayi putih, atau minimal bersih. Dan salah satu faktor yang bisa membuat kulit bayi menjadi putih bersih yaitu faktor dari makanan yang di konsumsi selama kehamilan.

Berikut makanan yang bisa membuat kulit bayi bersih dan putih, seperti yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Air Putih

Manfaat air putih yang secara tidak terduga memiliki peran vital terhadap keberlangsungan hidup manusia.

Tak terkecuali air putih sangat penting buat ibu hamil terutama dalam proses pencucian dan penjernihan air ketuban di masa kehamilan. Agar kulit bayi putih bersih, cukupilah kebutuhan air putih sebanyak 8 gelas setiap hari. Selain itu, kekurangan cairan pada saat kehamilan dapat menghambat tumbuh kembang janin.

2. Air Kelapa

Air kelapa menyimpan segudang manfaat yang penting untuk tubuh manusia. Manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh memang sangat banyak sekali, Umumnya orang-orang mengetahui air kelapa bermanfaat untuk menceggah dehidrasi.

Buat ibu hamil air kelapa bisa membantu membersihkan rahim serta menjernihkan air ketuban. Dan hal inilah yang nantinya akan berpengaruh terhadap kebersihan bayi. Maka dari itu, Anda sangat dianjurkan untuk meminum air kelapa.

3. Sayuran Hijau

Sayuran hijau mengandung vitamin A, dan C, sayuran hijau juga mengandung berbagai unsur mineral seperti zat kapur, zat besi, magnesium dan fosfor yang penting untuk tubuh.

Kekurangan sumber vitamin dari sayuran bisa menjadi hal yang sangat berbahaya untuk ibu maupun janin yang dikandungnya. Selain itu sayuran memiliki kandungan serat cukup tinggi untuk memperlancar saluran pencernaan sehingga ketuban bersih dan haluskan kulit bayi.

Karena serat alami yang terkandung di dalam sayuran hijau bisa membantu bumil lebih lancar dalam mengeluarkan kotoran yang ada di dalam kandungan. Maka dari itu, ibu hamil sangat dianjurkan untuk rutin dalam mengkosnusmi sayuran berwarna hijau.

4. Kacang Hijau

Kacang hijau memiliki manfaat yang hampir sama dengan air kelapa, yaitu berfungsi sebagai penjernih air ketuban. Bukan hanya itu, ternyata kacang hijau ini juga bisa mempercepat proses pertumbuhan, sehingga janin yang ada di dalam kandungan bisa berkembang dengan perubahan yang sempurna.

5. Susu Kedelai

Susu kedelai merupakan sumber protein yang sangat lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh. Kedelai mengandung sembilan asam amino esensial.

Tubuh akan mengubah asam amino menjadi protein baru, termasuk antibodi penting untuk fungsi sistem kekebalan tubuh, protein struktural yang memegang peranan pada jaringan, dan enzim yang membantu sel-sel menghasilkan energi.

Susu kedelai mengandung protein tinggi dan Vitamin E yang tidak hanya bagus untuk pertumbuhan tulang, tapi juga membuat kulit bayi dalam kandungan lebih bersih dan cerah.

Dengan rutin mengonsumsi susu kedelai selama hamil, maka pori-pori kuli bayi akan kebih kecil sehingga kulitnya halus mulus dan bersih.

Demikianlah beberapa makanan dan minumam yang bisa membuat kulit bayi putih dan bersih, selain itu ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi buah-buahan karena berguna sebagai antioksidan untuk menjaga kesehatan kulit Anda dan bayi.

 

Editor : Sesmawati