• News

  • Gaya Hidup

Ternyata, Vitiligo Tidak Hanya Timbul Pada Kulit, Ini Kata Pakar

Ilustrasi vitiligo di tangan.
thebustedpancreas.com
Ilustrasi vitiligo di tangan.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Dokter yang praktik di Klinik Pramudia, dr Dian Pratiwi, SpKK FINSDV, FAADV atau akrab disapa Dokter Helen menerangkan, vitiligo ternyata tidak saja timbul pada kulit.

Dijelaskan dia, vitiligo merupakan penyakit hilangnya warna kulit yang berbentuk bercak-bercak warna putih susu. Luas dan keparahan kehilangan warna kulit dari vitiligo sendiri tidak dapat dirediksi dan dapat terjadi dibagian manapun dari kulit tubuh.

"Selain kulit, bagian tubuh yang bisa alami vitiligo diantaranya rambut hingga selaput lendir, misalnya bagian dalam mulut," kata Dokter Helen saat Seminar Media "Vitiligo, Munculnya Si Putih yang Tidak Diharapkan" di Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Vitiligo bisa terjadi ketika sel-sel yang memproduksi melanin yaitu melanosit mati atau berhenti berfungsi. Biasanya, perubahan warna pertama kali terlihat pada area yang terpapar sinar matahari, seperti tangan, kaki, lengan, wajah dan bibir.

Penyebab pasti vitiligo sendiri masih belum sepenuhnya dipahami, semakin banyak bukti yang menunjukkan bahwa berbagai mekanisme seperti, kelainan metabolik, stres oksidatif, respons autoimun, dan faktor genetik berkontribusi pada timbulnya vitiligo.

"Vitiligo tidak mengancam jiwa, tidak menular dan tidak ada gejala yang dirasakan oleh pasien, efek vitiligo dapat mengganggu secara kosmetik dan psikologis, seperti kurang percaya diri, citra tubuh yang buruk, stress dan efek negatif lainnya," kata dia.

Lebih lanjut dijelaskan, klasifikasi dan nomenklatur baru vitiligo diusulkan berdasarkan gambaran klinis yang ditemukan, seperti Vitiligo Segmental (VS) yaitu Vitiligo pada satu segmen/area di salah satu sisi tubuh dan Vitiligo Non-Segmental (VNS).

Untuk VNS mencakup varian Vitiligo Fokal yaitu satu atau beberapa area lokal, Vitiligo Generalisata yaitu simetris lebih dari 50 persen luas permukaan kulit, Vitiligo Akrofasial yakni di wajah dan di jari kaki dan jari tangan, serta Vitiligo Universalis yakni simetris lebih dari 90 persen luas permukaan kulit.

"Vitiligo juga bisa ditemukan pada dari semua ras dan warna kulit, namun mungkin lebih terlihat pada orang berkulit gelap. Tidak hanya pada dewasa, vitiligo juga bisa terjadi pada anak," jelas dia.
   


Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan.H.P