• News

  • Gaya Hidup

Telur Perjaka, Telur yang Dimasak dengan Urine

Telur perjaka dapat dimasak dengan urine.
Baidu
Telur perjaka dapat dimasak dengan urine.

TIONGKOK, NETRALNEWS.COM - Tiongkok ternyata menyimpan resep kuliner berbahan telur yang sangat ekstrem, yaitu telur perjaka.

Telur perjaka atau yang dalam bahasa Mandarin disebut tong zi dan merupakan warisan kuliner dari daerah Dongyang. Proses pembuatannya seperti telur rebus biasa. Yang membedakan adalah air rebusannya. Alih-alih air tawar, warga Dongyang menggunakan air seni untuk merebus telur. Bukan sembarang air seni, tetapi harus air seni anak lelaki yang umurnya tidak lebih dari 10 tahun.

Dibutuhkan hampir satu hari untuk membuat telur yang unik tersebut. Proses pembuatan dimulai dengan merendam telur dan kemudian memasak hingga mendidih dalam panci berisi air seni.

Setelah itu, cangkang telur mulai pecah dan telur-telur itu dibiarkan tetap panas dalam air seni selama berjam-jam. Si penjual harus terus menuangkan air seni ke dalam panci dan mengendalikan api untuk menjaga telur agar tidak terlalu panas dan terlalu matang.

Ge mengatakan, ia telah lebih dari 20 tahun membuat makanan ringan tersebut. Jajanan telur itu jadi populer karena rasanya segar dan asin. Sebutir telur dijual dengan harga 1,50 yuan, harga itu dua kali lipat dari harga telur biasa.

Reporter : Albert Adji
Editor : Sulha Handayani