• News

  • Gaya Hidup

Makan Yu Sheng Makin Diangkat Tinggi, Rejeki Kian Banyak

Hidangan khas Imlek Yu Sheng.
Observasi
Hidangan khas Imlek Yu Sheng.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Perayaan Tahun Baru Cina atau Imlek 2571 disambut meriah dengan lampion merah di penjuru tempat. Pusat perbelanjaan dipastikan ramai dengan hiasan serba merah.

Selain kelenteng, pusat perbelanjaan juga dihiasi dengan aksesoris serba merah yang cantik. Tak hanya itu, kuliner yang menjadi khas saat Imlek juga menarik perhatian. Salah satunya Yu Sheng yang disebut-sebut dapat mendatangkan rejeki. Wah, penasaran dengan kuliner pembawa berkah ini kan? Simak, yuk!

Imlek tak hanya identik dengan kue keranjang atau Nian Gao. Yu Sheng juga menjadi kue wajib saat perayaan Imlek. Kuliner enak ini terlihat mirip dengan mie dengan warna berbeda seperti merah, kuning, hijau, cokelat, serta putih. Cara memakannya juga unik yaitu dengan memakai sumpit dan disantap ramai-ramai. Konon, memakan Yu Sheng juga menjadi rangkaian tradisi saat Imlek.

Dilansir dari Travelingyuk, bentuk yusheng mirip dengan mi, padahal Yu Sheng adalah salad ikan yang dicampur dengan irisan sayuran segar seperti wortel dan lobak. Sementara ikan yang digunakan bukan sembarangan, tapi irisan ikan tuna atau ikan salem. Sebelum dicampur, ikan ini direndam dengan campuran minyak wijen, minyak goreng, dan merica agar rasanya makin nikmat. Baru kemudian, campuran salad ini diberi saus khusus Yu Sheng.

Hidaan Pembuka yang Dipercaya Datangkan Rejeki

Bukan hanya makanan wajib, ternyata Yu Sheng memiliki arti khusus bagi seseorang yang memakannya. Sesuai dengan artinya menurut aksara Tionghoa, makanan ini berarti meningkatnya kelimpahan. Berdasarkan arti tersebut, Yu Sheng dipercaya dapat mendatangkan berkah dan rejeki. Menariknya lagi, siapa yang mengaduk dan mengangkatnya tinggi-tinggi, maka peruntungannya di tahun baru juga makin melimpah.

Sebenarnya, kuliner ini tak hanya ada saat Imlek. Restoran makanan Cina di Jakarta seperti Li Feng di Mandarin Oriental juga yang menawarkan menu ini. Bagaimana, tertarik untuk mencoba salad dari ikan dan sayuran segar ini?

Editor : Sulha Handayani